Debat Terbuka Pilwakot 2018 Penentu Kemenangan

Debat Terbuka Pilwakot 2018 Penentu Kemenangan

\"pilwakotBENGKULU, Bengkulu Ekspress - Debat terbuka pertama calon walikota dan wakil walikota digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu malam nanti pukul 19.00 WIB disiarkan langsung RBTV, sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Kemampuan calon memaparkan program-program ditawarkan akan dinilai masyarakat, sehingga menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan pilihan pada 27 Juni 2018 nanti.

Pengamat Politik Universitas Bengkulu, Drs Azhar Marwan MSi, mengatakan debat terbuka yang pertama memiliki pengaruh sangat besar untuk menaikkan elektabilitas paslon. Sehingga wajib hukumnya untuk memaksimalkan dan mengeluarkan semua kemampuan individual dan kekompakan antara calon Walikota dan Wakil Walikota, agar mendapatkan simpati dari masyarakat.

\"Debat ini menjadi faktor yang sangat menentukan, karena bisa mempengaruhi pemikiran mata pilih. Kalau dipresentasekan sekitar 50 persen bahwa pemilih itu bisa diputarbalikan dukungannya, tergantung penyuguhan informasi yang disampaikan para kandidat,\" kata Azhar, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (27/4).

Menurutnya, agar dapat menaikkan elektabilitas dalam proses debat ini, maka banyak yang harus dipersiapkan oleh para paslon. Tak hanya dari segi tampilan, dan kecakapan dalam berbicara, tetapi juga harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, dan kemudian membalutnya dengan program-program inovatif dalam mensejahterakan masyarakat.

Dan yang paling penting paslon harus bisa menyampaikan dengan baik dan lancar karena dalam debat paslon akan dibatasi waktu yang singkat untuk menjawab pertanyaan, maupun pada saat memaparkan visi-misi. Maka ketika menyampaikan kepada publik, para paslon harus bisa menjawab langsung ke inti persoalan yang langsung mengena dihati masyarakat.

\"Karena durasi waktu sangat pendek, maka penguasaan materi harus prima. Terkadang harus dijawab secara spontan, dan pada saat penyampaian ribuan masyarakat akan mendengar dan memahami, apa yang disampaikan paslon ini selaras atau tidak dengan kebutuhan masyarakat. Kalau tidak maka bisa saja membuat elektabilitas paslon itu menjadi goyah,\" papar Azhar.

Diketahui, tema yang akan dibawakan pada debat kandidat pertama yakni mengenai peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Bengkulu, dengan materi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Sementara itu, Calon Walikota nomor urut 1, David Suardi mengaku telah melakukan berbagai persiapan secara matang, bahkan dirinya bersama pasangannya Bakhsir sempat melatih diri dalam memaparkan program, dan visi-misi.

Sehingga penyampaian pada saat debat terbuka nanti tidak bisa tetap dalam keadaan tenang, santai dan tidak terbata-bata, serta menyesuaikan untuk bicara secara cepat, singkat dan padat sesuai dengan waktu yang diberikan.

\" Kita sudah banyak mempersiapkan diri untuk melaksanakan debat, jangan sampai pemilih kita kecewa karena debat itu menentukan. Karena sampai hari ini banyak pemilih itu belum menentukan pilihan, karena nunggu untuk menonton debat,\" kata David.

Calon Walikota nomor urut 2, Hj Erna Sari Dewi SE, juga mengaku bahwa pihaknya sudah siap menjalani debat terbuka, dan yakin dengan kemampuan yang ada pada dirinya. Sebab, baik Erna maupun Zarkasi memiliki latarbelakang yang sama yakni mantan Ketua DPRD. Sehingga persoalan-persoalan yang menyentuh masyarakat sudah sangat dipahami, dan juga telah menentapkan program unggulan yang bisa membantu mensejahterakan masyarakat Kota Bengkulu 5 tahun kedepan. \"Nanti kita natural saja, berjalan sesuai dengan pengetahuan kita selama ini sebagai penyelenggara pemerintah daerah. Kami merancang program unggulan tentunya berdasarkan kajian yang matang, dan hasilnya adalah untuk kesejahteraan masyarakat,\" ungkap Erna.

Sementara itu, calon Wakil Walikota nomor urut 3, Dedy Wahyudi mengaku tidak melakukan persiapan khusus tetapi dirinya optimis bisa melalui debat terbuka ini dengan lancar atas izin Allah SWT. Namun, jika nantinya terpilih menjadi kepala daerah maka pihaknya tidak akan banyak mengumbar janji, tetapi akan bekerja semaksimal mungkin untuk menunjukkan bukti, seperti yang sudah dirasakan oleh sebagian besar masyarakat saat ini.

Selain itu, pasangannya yakni Helmi Hasan, dipastikan akan hadir dalam debat terbuka, dan siap untuk menyapa memaparkan program-program berkelanjutan yang pro rakyat. \"Masyarakat Kota Bengkulu sudah cerdas, dan mereka bisa menilai mana calon pemimpin yang terbukti kerja nyata, dan mana yang baru mau berencana. Intinya, kami siap untuk melaksanakan debat kandidat,\" tutur Dedy.

Debat kandidat ini akan dibagi dalam 6 segmen, dimana pada segmen satu paslon diberikan kesempatan untuk pemaparan visi dan misi terkait dengan tema. Kemudian pada segmen kedua, akan diberikan pertanyaan mendalam visi dan misi atau penajaman. Kemudian pada segmen ketiga, pertanyaan akan dibacakan moderator yang dibuat oleh tim penyusun, untuk mendengarkan pemaparan paslon.

Selanjutnya, pada segmen keempat dan kelima masing-masing paslon diberikan kesempatan untuk saling bertanya, dan diberikan waktu untuk menanggapi atau klarifikasi. Dan pada segmen keenam, akan diberikan closing statement kepada paslon.

Kemudian untuk tema pada debat kedua yang digelar pada tanggal 5 Mei 2018 yakni memperkokoh negara kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan, dengan materi menyerasikan pelaksanaan pembangunan Kota Bengkulu dan Provinsi dengan Nasional.

Dan selanjutnya, tema pada debat terbuka ketiga tanggal 21 Juni 2018 yakni pemberantasan korupsi, narkoba, tenaga kerja, pendidikan, teknologi informasi, lingkungan hidup, disabilitas, peranan perempuan, dengan materi menyelesaikan persoalan daerah. (805) 6 Segmen Debat Pilwakot 1. Paslon diberikan kesempatan untuk pemaparan visi dan misi terkait dengan tema. 2. Paslon akan diberikan pertanyaan mendalam visi dan misi atau penajaman. 3. Pertanyaan akan dibacakan moderator yang dibuat oleh tim penyusun, untuk mendengarkan pemaparan paslon. 4. Masing-masing paslon diberikan kesempatan untuk saling bertanya, dan diberikan waktu untuk menanggapi atau klarifikasi. 5. Lanjutan segmen empat. 6. Paslon akan diberikan closing statement kepada paslon.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: