Sering Ngamuk, Dipasung Puluhan Tahun

Sering Ngamuk, Dipasung Puluhan Tahun

Derita Pemuda Palik Air Napal \"IryadiIryadi (38), pemuda Desa Air Palik Kecamatan Air Napal Bengkulu Utara dipasung oleh keluarganya sejak puluhan tahun silam karena penyakit gangguan kejiwaan yang dialaminya. Kesehariannya hanya dihabiskan di dalam kandang seluas 2 m tanpa alas apapun, serta selalu diterpa hujan dan angin  serta tidak mengenakan pakaian.

 

                                                                                                                                                                                    MARTI RETU KODBINANSI ARGA MAKMUR                                                        Anak ke-9 dri 12 bersaudara pasangan Aswin R (74) dan Daryana (70) mengalami gangguan jiwa sejak tahun 1984 lalu. Awalnya Iryadi merupakan bocah normal, namun sejak jatuh dari pohon kelapa timbul gangguan kejiwaannya.

Menurut keterangan Aswin, 2 tahun sebelum mengalami gangguan jiwa anaknya memang jatuh dari pohon kelapa. Namun karena diurut dan tidak memperhatikan sisi lainnya, sehingga lama kelamaan penyakit kejiwaan anaknya menjadi-jadi hingga sering memukul orang dan mengamuk sambil membawa parang.

Akhirnya pihak keluarga membawa Iryadi berobat ke RSJKO Bengkulu sebanyak tiga kali, namun tidak ada perubahan untuk sembuh. Pihak rumah sakit hanya memberikan obat penenang.

\"Kami terus upayakan dengan pengobatan lain yakni pengobatan alternatif, tapi ternyata tetap tidak ada perubahan juga, malah semakin menjadi-jadi. Akhirnya dengan melihat tingkah penyakitnya yang mengganggu orang lain maka kami pasung kedua kakinya,\" ujar Aswin. Setiap hari keluarganya selalu memandikan Iryadi.

Namun dia tidak diberi pakaian karena meski sudah dipasang namun ia melepasnya. Pondok kayu yang memang khusus dibuatkan untuk tidur pemuda itu, yang diakui pihak keluarga meskipun tidak mengenakan pakaian dan tinggal d ipondok tanpa sesuatu apapun namun lelaki paruh baya itu tetap tumbuh sehat, hanya saja badan nya yang mulai kurus kering, \"Daripada ia mengganggu orang lain lebih baik kita pasung saja seperti ini, dan dia tidak pernah berontak selama dipasung,\" jelas Aswin.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: