Hindari Pungli Pelabuhan, Pelindo Terapkan Transaksi Non Tunai

Hindari Pungli Pelabuhan, Pelindo Terapkan Transaksi Non Tunai

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Bengkulu menerapkan sistem baru untuk menghindari adanya pungutan liar (Pungli) jasa pelabuhan, yakni transaksi non tunai.

Untuk menerapkan sistem tersebut, Palindo bekerjasama dengan Bank Mandiri mendirikan ATM mini di area kantor Pelindo II Pulau Baai.

ATM mini ini pun diresmikan oleh petinggi PT Pelindo II dan Bank Mandiri, kemarin (6/10).

Direktur Keuangan PT Pelindo II Pusat, Imam Rahman mengatakan upaya ini sebagai bentuk untuk menghidari pungli maupun hal lain yang mempersulit pengguna jasa pelabuhaan.

\"Bisa menghidari pungli dan hal lainnya. Jadi lebih mudah dengan sistem ini,\" terang Imam usai meresmikan ATM Bank Mandiri di Pelabuhaan Pulau Baai Bengkulu, kemarin (6/10).

Dijelaskannya, dengan sistem ini tentu transaksi tidak lagi tunai seghingga dapat memudahaan para pengguna saja. Selain itu, pengguna jasa juga bisa lebih cepat melakukan transaksi dan tentunya keamanan transaksi juga lebih terjamin.

\"Kecepatan dan keamanan ini yang paling penting untuk dilakukan,\" tuturnya.

Untuk diketahui, saat ini pengguna jasa pelabuhaan yang dikelola PT Pelindo II Cabang Bengkulu itu mencapai 50 perusahaan. Dengan adanya transaksi non tunai, PT Pelindo II juga bisa lebih fokus melakukan kerja operasional dan tidak lagi berpikir pelunasan utang. Sebab, sistem cahs non tunai itu sudah bisa dilakukan semua pengguna jasa pelabuhaan.

\"Dengan langkah ini, kita harap tidak ada lagi utang yang terbebani. Bisa lebih fokus untuk mengejar terget dan memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa,\" tambah Imam.

Sementara itu, Regional CEO Bank Mandiri Region II Palembang, Aribowo mengatakan layanan ini tentunya dilakukan untuk mendukung infarstruktur di PT Pelindo II. Dengan demikian, pengguna jasa pelabuhaan lebih mudah mendapatkan pelayanan.

\"Jadi tidak lagi perlu jauh-jauh ke bank, pakai mini ATM sudah bisa lakukan transaksi,\" terang Ari.

Selain mini ATM, Bank Mandiri juga menyiapkan ATM. Layanan itu nantinya, selain mendukung PT Pelindo II, juga memberikan kemudahaan kepada masyarakat sekitar untuk melakukan transaksi keuangan. Bank Mandiri juga akan terus komit untuk memberikan pelayan terbaik kepada PT Pelindo II.

\"Kita dari Bank Mandiri mendung infrastruktur di Pelindo II Cabang Bengkulu ini. Karena kita komit bukan hanya pembiayaan tapi juga dengan layanan,\" pungkasnya. (151)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: