Kenang G30S/PKI, Warga Pasang Bendera Setengah Tiang

Kenang G30S/PKI, Warga Pasang Bendera Setengah Tiang

\"benderaBENGKULU, bengkuluekspress.com - Bendera setengah tiang tampak menghiasi halaman rumah warga Kota Bengkulu. Hari ini bertepatan dengan tanggal 30 September, masyarakat Kota Bengkulu memasang bendera setengah tiang untuk mengenang momentum Gerakan 30 September atau yang biasa disingkat G30S/PKI.

Salah satu warga kota Bengkulu Milly Asiah mengatakan ia memang setiap tahun memasang bendera setengah tiang di tanggal 30 September.

\"Setidaknya kita bisa mengenang kembali tokoh-tokoh pejuang kita yang pada jaman dahulu sudah berjuang mati-matian untuk Pancasila. Untuk anak-anak kita juga bisa jadi pembelajaran, mereka kan pasti nanya kenapa sih benderanya ga penuh. Kita bisa menjelaskan maknanya, dengan begitu kita juga bisa mengenalkan sejarah kepada anak-anak kita,\" ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Baharudin, ia mengatakan, setiap tahun memasang bendera setengah tiang untuk mengenang pemberontakan PKI yang menurutnya sangat kejam.

\"Mengenang PKI, setiap tahun kita pasang bendera setengah tiang. Dulu saya serinh mendengar kekejaman PKI, banyak orang yang dibunuh,\" ujar Baharudin.

Pemasangan bendera setengah tiang ini juga sesuai dengan surat Kemensetneg RI Nomor B.908/M.Sesneg/Set/TU.00.04/09/2017, tanggal 25 September 2017 yang meminta pemasangan bendera setengah tiang dilakukan di kantor pemerintah dan swasta, lembaga-lembaga pendidikan dan rumah-rumah penduduk. (ibe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: