BKKBN Layani KB Gratis di Festival Tabut

BKKBN Layani KB Gratis di Festival Tabut

\"KB\"BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Bengkulu bersama Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana ( IpeKB) Daerah Bengkulu memberikan pelayanan keluarga berencana (KB) secara gratis kepada pengujung di festival tabut. Pelayanan KB gratis ini dilakukan sampai penutupan festival tabut 2017. Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana ( IpeKB) BKKBN Perwakilan Provinsi Bengkulu, Ir Unarmarsono MM mengatakan, masyarakat sangat antusias mengikuti pelayanan KB gratis tersebut. Terhitung sejak dibukanya pelayanan itu sampai dengan 5 hari ini, sudah ada sekitar 75 orang ikut KB gratis.

\"Masyarakat antusias ikut program ini. Karena memang kita buka secara gratis,\" terang Unar kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (26/9).

Dijelaskannya, dari sekian banyaknya masyarakat yang ikut program KB gratis itu, paling banyak masyarakat menggunakan KB jenis implan atau susuk. Meskipun banyak pilihan yang diberikan oleh BKKBN untuk layanan KB gratis, seperti pil, kondom, suntik maupun vasektomi.

\"Paling banyak diminiat jenis KB implan,\" tuturnya.

Unar menegaskan, layanan KB gratis ini sebagai bentuk sosial kepada masyarakat. Disamping memberikan pelayanan KB gratis, BKKBN juga memberikan edukasi terkait KB maupun hal penting tentang keluarga lainnya.

Tak heran, masyarakat yang melakukan konsultasi juga membludak. Karena layanan ini baru perdana dilakukan pada festival tabut.

\"Yang ingin konsultasi juga kita berikan. Di situ masyarakat bebas bertanya dan kita upayakan untuk memberikan solusinya,\" tambah Unar.

Meskipun baru perdana dilakukan, namun ia memastikan tahun-tahun selanjutnya dalam event tabut akan kembali digelar. Bahkan layanan KB gratis itu akan dijadikan agenda tetap pada event tabut.

\"Rencananya kita jadikan agenda tetap. Jadi, biar masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan ini,\" paparnya.

Unar juga menegaskan, jumlah peserta KBgratis akan bertambah dan bisa tembus diangka 100 orang lebih. Mengingat waktu festival tabut masih 5 hari lagi. Dengan demikian, masyarakat yang belum mendapatkan pelayanan KB gratis bisa datang ke lokasi stand KB gratis di depan Polres Bengkulu. Untuk konsultasi lebih lanjut, BKKBN juga membuka stand utama BKKBN Bengkulu di area stand di lapangan Merdaka View Tower Bengkulu.

\"Masih ada kesempatan. Jika memang ada yang ingin layanan KB gratis. Karena memang tidak kita batas untuk ikut layanan ini,\" tutup Unar. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: