8 Kecamatan Rawan Gempa dan Tsunami di Bengkulu Utara

8 Kecamatan Rawan Gempa dan Tsunami di Bengkulu Utara

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Setidaknya ada 8 Kecamatan dan 36 desa rawan bencana gempa dan tsunami di Kabupetan Bengkulu Utara. Untuk itu, perlu kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana tersebut.

\'\'Ada 8 kecamatan dan 36 desa yang telah kita data dari BPBD Bengkulu Utara, daerah yang rawan gempa dan tsunami,\'\' ujar Kabid Kesiapsiagaan BPBD Bengkulu Utara, Damiri SSos dalam presentasi Rakor Penanggulangan Bencana di ruang Pola Setdakab Bengkulu Utara, Selasa (26/9).

Terpisah Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata SE menyampaikan perlunya seluruh stakeholder di Kabupaten Bengkulu Utara terlibat aktif dalam kesiapsiagaan bencana. Sehingga dapat mengantisipasi bahaya bencana yang terjadi.

\'\'Penanggulangan bencana menjadi skala prioritas. Untuk itu, peran pemda dan seluruh stakeholder sangat diperlukan,\'\' ungkapnya.

Disamping itu Wakil Bupati juga mengharapkan perlunya pelaksanaan simulasi dari tingkat sekolah hingga masyarakat secara umum. Tujuannya, agar dapat mengurangi resiko bencana yang terjadi.

\'\'Bisa lewat sekolah, bisa dilakukan kepada masyarakat yang berada di daerah rawan bencana. Jadi, kita lebih siap ketika terjadinya bencana,\'\' terangnya.

Dandim 0423/BU, Letkol Czi Syaiful Rachman SE menyebutkan perlu kesadaran bagi masyarakat di daerah bencana. Karena bencana dapat terjadi sewaktu-waktu. Terlepas siap atau tidak siapnya masyarakat di daerah tersebut.

\'\'Selain peran aktif dari pemda dan stakeholder. Perlu juga kesadaran bahwa kita ini tinggal di daerah rawan bencana,\'\' pungkasnya.(Jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: