Reorientasi Kompetensi Pustakawan di Era Informasi

Reorientasi Kompetensi Pustakawan di Era Informasi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pustakawan kini dituntut memiliki kompetensi, serta kemampuan dalam membangun sebuah jaringan guna menghadapi kemajuan teknologi.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman SAg MM, saat membuka seminar Reorientasi Kompetensi Pustakawan di Era Informasi, bertempat di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, kemarin (7/09).

Menurutnya, pustakawan yang memiliki kemampuan kompetensi dalam membangun jaringan dan kemampuan menganalisa akan memiliki peran strategis dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Pustakawan di Indonesia, khususnya di Bengkulu saya kira keberadaan mereka itu betul-betul sangat strategis dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Bengkulu, faktor utama yang untuk mendorong perekonomian, mensejahterakan masyarakat itu kualitas SDM,” jelasnya.

Atisar juga menambahkan, untuk menumbuhkan minat baca ditengah masyarakat dibutuhkan ketersediaan sarana dan prasarana, perpustakaan, koleksi buku yang lengkap dan sosialisasi.

Selain itu, juga dibutuhkan peran dari semua stakeholders, perguruan tinggi, awak media tentu pemerintah sebagi fasilitator utama penggerak, pendorong serta penyedia sarana dan prasarana itu menjadi kebutuhan masyarakat.

“Artinya gerakan dari Kabupaten/Kota sampai ke kecamatan dan kelurahan ini harus digerakan bagaimana budaya membaca itu sebuah kebutuhan bagi masyarakat Indonesia, negara maju pasti punya masyarakat yang gemar membaca itu sudah menjadi kunci,” tambahnya.

Seminar Kepustakawanan dan Rapat Kerja Daerah Reorientasi Kompetensi Pustakawan Di Era Informasi ini, digelar dalam rangka Musyawarah Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Bengkulu. Hadir sebagai pembicara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman SAg MM Kadis Perpus dan Kearsipam Kabupaten Bengkulu Tengah, Ketua IPI dan Jajaran Pengurus PD IPI Provinsi Bengkulu, Dewan Pembina PD IPI Dr Hermen Malik MSc, Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Provinsi, serta para Pustakawan se-Provinsi Bengkulu. (Cik5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: