Pramuka Harus Lebih Berinovasi

Pramuka Harus Lebih Berinovasi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Dihari Ulang Tahun (HUT) Praja Muda Karana (Pramuka) ke-56, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA menegaskan, sistem pelatihan Pramuka di kalangan pelajar harus berinovasi. Mulai dari sisi materi latihan hingga metodologi pembelajaran dimasing-masing anggota Pramuka.

\"Pramuka itu jangan hanya dikenal dengan tepuk tangannya saja, atau lari-lari. Tapi ada inovasi lain yang harus ditonjolkan dari latihan Pramuka,\" ujar Rohidin usai menjadi pembina upacara HUT Pramuka ke-56 di Lapangan Kantor Gubernur Bengkulu, kemarin (14/8). Dijelaskannya, inovasi yang dilakukan bisa beralih kepada perkembangan zaman. Seperti terkait riset pengetahuan, ilmu pengetahuan teknologi (Iptek) hingga pembelajaran di media sosial (medsos). Sehingga perkembangan Pramuka dapat selalu terupdate setiap waktu. \"Instruktur dan pelatih harus mengikuti perkembangan zaman. Jadi kegiatan pramuka dapat berinovasi,\" tambahnya.

Ditegaskannya, Pramuka harus menjadi wadah anak muda, sebagai pembentuk karakter bangsa. 56 tahun keberdaan Pramuka sudah menjadi salah satu alat untuk mendidik karakter anak bangsa. Sebab di Pramuka, anak bangsa akan dilatih pada nilai nasionalis. \"Wadah ini juga mendidik terhadap rasa kesetikawanan,\" papar Rohidin.

Dengan demikian, Rohidin berharap masyarakat maupun orang tua untuk tidak ragu anak yang aktif di Pramuka. \"Mari kita dukung dan jangan diragukan, ujarnya. Sementara itu, upacara yang diikuti oleh lebih dari seribu anggota pramuka itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 07 Bengkulu, H Meri Sasdi MPd mengatakan, hadirnya Pramuka ini nantinya untuk memberikan kontribusi nyata untuk pembangunan di Bengkulu. \"Kita harap Pramuka nanti akan tampil untuk mendukung kegiatan pemerintah membangunan Bengkulu. Tentunya tidak lepas, demi membangkitkan semangat kebangsaan melalui Pramuka,\" pungkas Meri. (151)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: