Aplikasikan Nilai Pancasila

Aplikasikan Nilai Pancasila

KELAM TENGAH, Bengkulu Ekspress - Pacasila merupakan ideologi dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (KRI), namun saat ini di kalangan remaja sudah mulai luntur. Ditambah dengan masuknya kebudayaan luar yang seakan membuat terlena generasi muda. Melihat kondisi tersebut, Bupati Kaur melalui Staf Ahli Bidang Pemberdayaaan Masyarakat Kaur, Ujang Syafiri SPd, mengajak seluruh masyarakat Kaur untuk mengaplikasikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Kika melihat kejadian ini, sepertinya bangsa kita lupa akan makna yang terkandung pada Pancasila, untuk itu saya mengajak masyarakat untuk menghidupkan kembali nilai pancasila ini,” kata Ujang saat membuka kegiatan temu forum kebangksaan penguatan nilai panca sila di kantor Camat Kelam Tengah kemarin (27/7). Dikatakan Ujang, saat ini solidaritas dan ikatan sosial dengan sendirinya memberikan cara pandang bangsa indonesia tentang diri dan lingkungannya. Mengutamakan nilai-nilai kemanusian yang adil dan beradab, dan juga persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan wilayah yang dilandasi Pancisila UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Repubi Indonesia (NKRI). Sebab pntingnya pelestarian nilai-nilai pancasila sebagai landasan ideologi dan UUD 1945.

“Peningkatan rasa solidaritas dan ikatan sosial dikalangan masyarakat, ini dapat memperkuat wawasan dengan menerapkan nilai-nilai pancasila ini,”terangnya. Senada juga disampailan Kepala Badan Kesbangpol Kaur H. Ika Joni Ikhwan SE MM meyampaikan,melalui kegiatan ini diharapkan bisa menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat Kaur. Selain itu peserta dapat mengaplikasikan informasi yang didapat dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga nilai-nilai Pancasila ini benar-benar tertanam dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui temu forum ini kita ingin masyarakat maupun para pelajar kita lebih memahami pentingnya nilai pancasila itu sendiri dimana saat ini sudah mulai terkikis ini,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: