Warga Gagalkan Aksi Perampokan

Warga Gagalkan  Aksi Perampokan

CURUP, Bengkulu Ekspress - Puluhan warga Desa Suban Ayam Kecamatan Selupu Rejang menggagalkan aksi perampokan yang terjadi pada Rabu (27/7) malam. Aksi perampokan yang digagalkan warga tersebut terjadi sekitar pukul 20.00 WIB di lingkungan Desa Suban Ayam

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Bengkulu Ekspress, upaya perampokan atau pencurian dengan kekerasan tersebut dialami oleh Fikri Ramadhani (17) warga Desa Ujan Mas Atas Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. Saat kejadian korban tengah mengendarai sepeda motor jenis Suzuki FU yang berboncengan dengan Siti Nurhalimah (15) warga Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan.

Berdasarkan keterangan korban, upaya perampokan yang dialaminya tersebut, bermula saat ia akan pulang ke rumahnya dari Desa Mojorejo Kecamatan Selupu Rejang. Saat melintas di Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang, kedua korban diiringi oleh dua orang pelaku yang mengendarai motor Honda Revo dengan nomor polisi BD 3862 KK. Puncaknya saat kedua korban tiba di tikungan yang ada di Desa Suban Ayam, salah satu pelaku menendang motor korban, saat itu juga motor yang dikendarai kedua korban langsung terjatuh. \"Kami memang sudah diikuti dari Desa Karang Jaya,\" aku Fikri usai kejadian.

Setelah kedua korban terjatuh, korban sempat mengamankan kunci motornya. Melihat korbannya berusaha mempertahankan motornya, salah satu pelaku langsung mengeluarkan sebilah pisau dan diarahkan ke korban sembari meminta motornya. Karena dalam ancaman pisau, kemudian korban langsung menyerahkan sepeda motornya, hanya saja motor tersebut tidak bisa dihidupkan karena kuncinya sudah diamankan korban. Kemudian kedua pelaku membawa motor tersebut ke arah Kota Curup dengan cara didorong dengan motor satunya lagi, setelah kedua pelaku sudah cukup jauh dari korban, kemudian korban langsung berteriak maling.

\"Awalnya kami kira hanya ribut sesama teman saja, namun tahunya begal, sehingga warga langsung melakukan pengejaran,\" terang Rizki (25) salah satu warga Desa Suban Ayam. Menurut Rizki, saat warga melakukan pengejaran tersebut, warga sempat kehilangan jejak, hanya saja, saat warga tengah kehilangan jejak, salah satu pengendara melihat bahwa kedua pelaku masuk ke dalam gang Masjid Nurul Falah Desa Suban Ayam. Mendapat informasi tersebut, warga langsung melakukan pengejaran, saat mengetahui keduanya sudah dikepung warga, keduanya berusaha kabur menggunakan sepeda motor keduanya, sedangkan sepeda motor korban ditinggalkan.

Usaha pelarian kedua pelaku gagal, setelah salah seorang warga menabrakan sepeda motornya sehingga kedua korban terjatuh, saat terjatuh tersebut salah seorang pelaku berhasil diamankan warga dan satunya lagi berhasil diamankan yang kemudian langsung diserahkan ke Mapolsek Curup.

Sementara itu Kapolsek Curup Iptu Sukardi membenarkan adanya penggagalan aksi curas tersebut, setelah diamankan pelaku langsung digiring ke Mapolsek Curup berikut sepeda motor yang digunakan saat menjalankan aksi, sementara satu pelakunya lagi masih dalam pengejaran. Satu orang pelaku yang berhasil diamankan warga tersebut berinisial Je (20) warga Desa Belitar Muka Kecamatan Sindang Kelingi.

\"Untuk satu tersangka yang masih kabur, saat ini masih dalam pengejaran, dimana identitasnya sudah kita kantongi,\" terang Kapolsek. Disisi lain, Kapolsek juga mengapresiasi simpati yang dilakukan warga terhadap kedua korban yang langsung ikut mengejar pelaku hingga akhirnya berhasil mengamankan satu orang pelaku.

Kapolsek berharap, masyarakat terus membantu dalam memerangi aksi kriminalitas khususnya di wilayah hukum Polsek Curup, karena menurutnya dengan jumlah personil yang sedikit tentunya pihak kepolisian sangat membutuhkan peran serta masyarakat dalam memerangi aksi kriminalitas.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: