Pemdes Diminta Data Warga Miskin

Pemdes Diminta Data Warga Miskin

\" UJAN MAS, Bengkulu Ekspress - Banyak warga kurang mampu yang tak masuk dalam pemberian bantuan sosial (Bansos), baik dari pemerintah pusat maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang, karena kurang validnya data warga miskin selama ini.

Camat Ujan Mas, Drs Endang Sarjana mengajak, Pemerintah Desa (Pemdes) agar dapat begerak melakukan pendataan. Kemudian melaporkan ke pihak kecamatan, agar warga kurang mampu yang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah bisa ditindak lanjuti dengan baik untuk mendapatkan hak-haknya.

\"Pemdes jangan tinggal diam, lakukan pendataan agar datanya lebih valid. Kemudian laporkan, sehingga bisa ditindak lanjuti untuk program bantuan,\" ungkap Endang. Ia mengharapkan, tidak terulang kembali kasus warga Desa Daspetah I yang hidup tak layak. Mereka ialah pasutri Aji Warni dan Abar. Belasan tahun menyambung hidup hanya dari belas kasihan warga dengan kondisi rumah 2x2 M yang sangat tidak layak. \"Saya ajak seluruh Kades di Kecamatan Ujan Mas melakukan pendataan warga kurang mampu untuk mendapatkan perhatian serius dari pemerintah,\" katanya. Khusus untuk Aji Warni dan Abar, pemerintah Kecamatan Ujan Mas membuka rekening donasi bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan dana dapat menyisihkan sedikit rezeki membantu masyarakat kurang mampu.

\"Pendataan secara menyeluruh, khusus untuk Aji Warni kita membuka rekening bantuan, bagi yang mau menyalurkan sebagian rejekinya akan kita salurkan ke Aji Warni dan warga kurang mampu lainnya,\" sebutnya. Kesulitan data valid mengenai warga kurang mampu juga diakui Plt Kadis Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos dan PMD) Jan Johanes Dalos. Sehingga dalam menyalurkan bantuan sosial selama ini Pemkab Kepahiang masih bergantung dengan data lama dari BPS. Ia mengakui, jika adanya warga-warga kurang beruntung yang belum mendapatkan bantuan. Selain karena kuota terbatas ada juga warga yang tak masuk dalam data sosial selama ini.

\"Kita juga tengah berupaya memperbaiki data, melakukan verifikasi kembali,\" singkatnya.(320)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: