Agustus, Dana Kelurahan Cair

Agustus, Dana Kelurahan Cair

TAIS, Bengkulu Ekspress - Anggaran pembangunan kelurahan yang dikeluhkan para lurah tak kunjung cair. Padahal sudah melewati semester pertama 2017. Sebentar lagi dicairkan. Diprediksi anggaran kelurahan ini bisa disalurlan ke kelurahan pada awal Agustus mendatang.Asisten I Pemerintah Daerah Kabupaten Selum Mirin Ajib SH MH mengatakan, dana kelurahan yang akan disalurkan kepada 20 kelurahan di Kabupkepada BE kemarin (17/7) mengatakan, anggaran kelurahan masing masing sebesar Rp 300 juta. Pencairannya dilakukan setelah bulan ini peraturan bupati yang mengetur tentang pengelolaan anggaran kelurahan selesai disusun dan ditandatangani Bupati Seluma.

“Mekanisme pencairan dan pengelolaannya sama seperti dana desa (DD). Diberikan kewenangan penuh kepada kelurahan untuk melaksanakan pembangunan fisik. Sesuai dengan usulan masyarakat serta usulan yang sudah disampaikan dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang),” tegasnya

Perbup pengelolaan anggaran keluirahan itu sebagai payung hukum pencairan dana kelurahan yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Seluma, 2017 ini. Dalam perbup itu juga dijelaskan mekanismenya sama seperti realisasi DD. Yakni dikerjakan secara swakelola. Selain itu, dana kelurahan juga akan disalurkan sebanyak tiga tahapan dengan kuasa pengguna anggaran (KPA) nya lurah itu sendiri, serta anggarannya dipusatkan di kecamatan. Sehingga kelurahan melakukan proses pencairan melalui kecamatan yang ada.

“Dananya tidak dicairkan sekaligus, tapi secara bertahap, sebanyak tiga tahapan. Setiap kelurahan harus menyampaikan laporan realisasinya sebagai syarat pencairan tahap berikutnya. Agar diketahui apakah dana kelurahan efektif atau tidak,” tegasnya. Kemudian dari total dana sebesar Rp 300 juta setiap kelurahan, ada dana pemberdayaan. Dana pemberdayaan ini untuk kegiatan kepemudaan, termasuk kegiatan ditingkat kelurahan. Sehingga bukan seluruhnya digunakan untuk pembangunan fisik ditingkat kelurahan. Karena ini pertama kalinya diterapkan dana khusus untuk kelurahan sama seperti DD.

Pemkab Seluma akan melakukan evaluasi setelah program ini selesai. Jika memang berhasil, maka dalam APBD 2018 mendatang kemungkinan akan ditambah besarannya. Serta tetap melihat kemampuan keuangan daerah.

“Jika berhasil di ntahap awal dan pertama ini maka mudah-mudahan tahun mendatang kembali di alokasikan lagi jelas dengan jumlah yang lebih besar pula,” sampainya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: