Seluruh Barang Ludes Terbakar

Seluruh Barang Ludes Terbakar

\"Bengkulu\"Kebakaran di Talang Ulu

CURUP, Bengkulu Ekspress - Kebakaran menghanguskan satu unit rumah di RT 7/3 Kelurahan Talang Ulu Kecamatan Curup Timur pada Rabu (12/7) kemarin. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 08.30 WIB tersebut menimpa rumah milik Sunoto (60).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Bengkulu Ekspress, saat kejadian, rumah milik Sunoto dalam keadaan kosong karena ditinggalkannya ke kebun hanya berselang sekitar 30 menit dari waktu kejadian. Kebakaran tersebut diketahui warga, setelah warga melihat kumpulan asap tebal yang disertai kobaran api dari bagian atap rumahnya.

\"Pertama warga melihat ada asap tebal dan kobaran api dari bagian atas rumah,\" ungkap Rizki salah satu warga yang ditemui di lokasi kebakaran.

Warga yang melihat api kian membesar, warga langsung berinisiatif memadamkan api dengan alat seadanya. Hanya saja saat hendak memadamkan api tersebut, warga sedikit terkendala karena rumah terkunci sehingga barang-barang berharga milik korban yang ada di dalam rumah semuanya hangus terbakar termasuk satu unit sepeda motor milik korban.

\"Tak ada satupun barang korban yang bisa diselamatkan, karena saat kejadian rumah dalam kondisi terkunci, sedangkan api kian membesar,\" paparnya.

Sementara itu, api baru bisa dipadamkan setelah petugas dari Dinas Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong yang mengerahkan 4 mobil pemadam kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong, Drs Sumardi MM melalui Kabid Operasi Pengendalian Kebakaran, Ridwan, mengungkapkan pasca menerima laporan dari warga petugasnya langsung turun menuju lokasi untuk menjinakkan si jago merah.

\"Setelah empat mobil kami turunkan, api baru bisa dipadamkan setengah jam kemudian,\" jelasnya.

Terkait dengan penyebab kebakaran sendiri, menurut Ridwan hingga kemarin belum bisa dipastikan. Hanya saja menurutnya, kemungkinan besar dikarenakan arus pendek listrik dibagian atas rumahnya, api cepat membesar, karena plafon rumah korban terbuat dari kayu sehingga mudah terbakar.

\"Secara persentase, kerusakan yang dialami rumah korban mencapai 70 persen dengan kerugian mencapai ratusan juta karena seluruh barang yang ada didalam rumah hangus terbakar,\" jelasnya.

Menyikapi banyaknya kejadian kebakaran yang disebabkan oleh arus listrik, Ridwan berpesan kepada masyarakat Rejang Lebong untuk tidak memasang jaringan listrik asal-asalan dan harus dilakukan oleh yang ahli serta harus menggunakan alat yang telah memiliki standar sehingga bisa meminimalisir terjadinya kebakaran. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: