Bupati Bengkulu Selatan Terima Penghargaan Pastika Parahita

Bupati Bengkulu Selatan Terima Penghargaan Pastika Parahita

\"Terapkan

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Keseriusan Pemda Bengkulu Selatan (BS) dalam pengendalian konsumsi hasil tembakau atau rokok di Bengkulu Selatan mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat.

Hal itu terbukti Bupati Bengkulu Selatan, H Dirwan Mahmud SH mendapat penghargaan Pastika Parahita atau sebagai Pemda yang telah menerapkan perda atau kebijakan lain dalam pengendalian konsumsi hasil tembakau.

Piagam penghargaan tersebut diterima Bupati dari pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) di The Alana Hotel & Convention Centre di Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (12/7).

“Alhamdulillah hari ini (kemarin red), Pak Bupati mendapat penghargaan Pastika Parahita dari kementerian kesehatan RI,” kata Kabag Humas Pemda Bengkulu Selatan, Marwin SSos, kemarin (12/7).

Penghargaan yang diterima Bupati Bengkulu Selatan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI nomor PM 04.01/1/1677/2017 tanggal 21 Juni 2017 tentang undangan penerimaan penghargaan bupati dalam implementasi kawasan tanpa rokok. Sebab Bupati Bengkulu Selatan telah berkomitmen melindungi perokok pemula dan masyarakat dari bahaya rokok dalam bentuk pembuatan perda kawasan tanpa rokok.

Dalam komitmennya tersebut, Bupati bersama Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan menerapkan kawasan bebas asap rokok di tingkat sarana dan prasarana kesehatan dengan membangun kawasan bebas asap rokok di tempat-tempat pelayanan umum, sehingga para perokok tidak boleh lagi sembarangan saat merokok baik di kantor-kantor, sekolah dan sarana ibadah. Bahkan dalam perda Bengkulu Selatan, warga yang merokok atau menjual rokok sembarangan bakal disanksi denda.

“Pak Bupati dan Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan juga rutin kampanye anti rokok di sekolah-sekolah dan pelayanan umum lainnya,” ujar Marwin yang juga diamini kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, M Redhwan Arif S Sos MPH.

Sehingga sambung Marwin dengan adanya penghargaan tersebut Bupati Bengkulu Selatan akan terus mengimbau warga Bengkulu Selatan agar menghindari mengkonsumsi rokok. Sebab asap rokok bisa mengganggu kesehatan. Diharapkan ke depan masyarakat Bengkulu Selatan terutama generasi muda tidak mengkonsumsi rokok.

\"Harapan kami dengan penghargaan ini, ke depan generasi muda Bengkulu Selatan dapat semakin terjaga kesehatannya dari bahaya asap rokok dan menjadi generasi sehat di bumi sekundang setungguan,” demikian Marwin. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: