Bupati Perintahkan Buat Daftar Penyandang Disabilitas

Bupati Perintahkan Buat Daftar Penyandang Disabilitas

KEPAHIANG, Bengkulu Selatan - Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM memerintahkan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) membuat buku daftar warga penyandang cacat di Kabupaten Kepahiang. Buku daftar warga kurang beruntung tersebut harus dilengkapi dengan nomor khusus saluran bantuan serta alamat lengkap para penyandang cacat. Kemudian akan dicetak dalam jumlah besar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang agar dapat dibawa para pejabat dan Bupati saat dinas luar (DL) ke kota-kota besar.

\"Nanti buku saya bawa ke pemerintah pusat agar kuota bantuan untuk kita lebih banyak. Atau nanti saya sampaikan keteman-teman saya yang sudah kaya itu, mereka bisa membantu,\" ucap Bupati, Rabu (5/7) saat menyalurkan bantuan tongkat kaki empat kepada para penderita lumpuh layu di Kelurahan Padang Lekat Kecamatan Kepahiang. Selain itu Bupati memerintahkan Dinsos PMD dan Puskesmas dapat selalu aktif memeriksa keadaan para penyandang disabilitas. Agar para korban dapat dipantau kegiatannya, sehingga bagian tubuh yang masih bisa bergerak dapat difungsikan secara aktif guna mencegah penyakit bisa melumpuhkan seluruh bagian tubuhnya.

\"Seperti ini kondisi tangan masih berfungsi dengan baik, bisa diarahkan untuk membuat kerajinan sepera sulam kain. Agar mereka ini tidak berdiam diri saja didalam kamar, lama-lama bisa lumpuh total kalau tidak digerakan,\" jelas Bupati. Kemarin (5/7), bersama rombonganya Asisten III Setdakab Hairah Ariani, Kadinsos PMD Jan Johanes Dalos hingga camat dan Dinas Kesehatan, Bupati mengunjungi rumah korban asusila di Kecamatan Ujan Mas, Juprianto (54) warga RT 10 Pensiunan Tengah yang dipasung keluarganya karena mengalami gangguan jiwa. Kemudian menyalurkan bantuan berupa tongkat kaki empat, selemut dan alat-alat lainnya kepada tiga saudar penderita penyakit lumpuh layu di Kelurahan Padang Lekat. Kegiatan sosial digalakan Hidayatullah selama kepemimpinan guna mendorong meringankan beban atau derita yang dialami warga kurang beruntung. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: