Gebrakan Kapolda Bengkulu Pasang CCTV di Lokasi Rawan

Gebrakan Kapolda Bengkulu Pasang CCTV di Lokasi Rawan

Juga Aktifkan Pos Jaga 24 Jam BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Guna memantau aksi kekerasan dan tindak kriminal, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH MHum menerapkan program baru yaitu pemasangan CCTV di setiap pos jaga dan tempat-tempat strategis lainnya.

Hal tersebut, tercetus ketika ia masih menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya Polda Jatim, karena setiap pos jaga atau lokasi strategis yang sering terjadi aksi atau rawan kriminal bisa terpantau dan terekam melalui kamera CCTV sehingga pelaku mudah untuk dilacak.

\"Apa yang saya terapkan di Surabaya tepatnya di Polda Jatim akan saya terapkan disini. Hal tersebut guna mempercepat dan mengetahui para pelaku kriminal yang beraksi di lokasi tersebut nantinya,\" ujar Kapolda, kemarin (12/5).

Ia menyebutkan, program atau usulannya tersebut akan segera ia rapatkan bersama petinggi Polda Bengkulu lainnya sehingga paling lambat bulan depan bisa segera direalisasikan.

\"Kita akan rapat terlebih dahulu bersama pejabat Polda lainnya dan kita juga akan membentuk tim khusus untuk menindak secara trgas, baik kasus kriminal apapun itu,\" ucapnya. Aktifkan Pos Jaga Selama 24 Jam Kemudian, Kapolda Bengkulu berinisiatif membuat program baru demi keamanan dan ketertiban masyarakat Bengkulu, yaitu dengan cara kembali mengaktifkan pos jaga selama 24 jam di setiap Kota maupun daerah yang ada di Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat ini.

\"Ini merupakan salah satu langkah konkrit kita terutama untuk mendekati bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi ini,\" terang Kapolda, saat menjumpai wartawan diruang kerjanya, kemarin (12/5).

Ia menyebutkan, saat ini sudah banyak tindak kriminal yang terjadi di Bengkulu khususnya yang menyasar kaum perempuan seperti penjambretan, pencurian dengan kekerasan dan perampokan. Mendekati bulan suci Ramadhan, Kapolda memprediksi tindak kriminalitas akan semakin meningkat.

\"Ini merupakan salah satu antisipasi kita dalam menekan habis kasus yang membahayakan jiwa terutama untuk kalangan warga Provinsi Bengkulu,\" bebernya.

Selain itu, ia mengatakan, dalam waktu dekat ini akan kembali berkoordinasi dengan Kapolres mengenai program tersebut dan pihaknya juga akan meminta bantuan kepada setiap kelurahan dan kecamatan agar berperan aktif dalam program ini nantinya.

\"Jelas program ini akan segera kita wujudkan dan saat ini jika tidak ada halangan kita akan segera rapatkan dengan Kapolres se- Provinsi Bengkulu,\" ucapnya.

Kapolda Bengkulu juga mengaku akan terus mencari program-program baru demi keamanan warga Bengkulu yaitu dengan cara berkerjasama dengan pihak KPAI mengenai kasus kekerasan seksual dan juga meminta bantuan kepada anggota TNI terutama mendekati Bulan Suci Ramadhan ini nanti.

\"Untuk kasus kekerasan seksual akan kita babat habis pelakunya dan akan bekerjasama dengan pihak KPAI, sedangkan utnuk keamanan nantinya kita juga meminta bantuan TNI,\" kata Kapolda.

Selain itu, Kapolda mengatakan, Polda Bengkulu akan bekerja semaksimal mungkin agar setiap kasus yang belum terselesaikan dan terpecahkan akan segera dan secepat mungkin dituntaskan agar masyarakat bisa hidup nyaman dan tenang.

\"Saya sudah instruksikan agar setiap kasus yang belum selesai segera diselesaikan dan langsung diekspos agar masyarakat bisa tahu dan tidak khawatir lagi mengenai hal tersebut,\" tutupnya.(529)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: