Gedung Dekranasda Bengkulu Tengah Terbengkalai

Gedung Dekranasda Bengkulu Tengah Terbengkalai

BENTENG, Bengkulu Ekspress - GedungĀ  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang terdapat di Dusun II Desa Pondok Kelapa, Kecamatan Pondok Kelapa hingga saat ini tak juga difungsikan alias dibiarkan terbengkalai.

Bangunan yang didirikan sejak tahun 2008 lalu tersebut, saat iniĀ  kondisinya kian memprihatinkan dan mulai mengalami kerusakan di sejumlah bagian, seperti jendela kaca, plafon hingga dindingnya.

\"Bangunan ini dibangun pada tahun 2008 lalu, yakni pada masa peralihan Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menjadi Kabupaten Benteng.Sayangnya, sampai saat ini bangunan tersebut belum juga difungsikan,\" kata Tahulani, warga Desa Pondok Kelapa, kemarin.

Dijelaskannya, karena tidak mendapatkan kejelasan terkait fungsi gedung tersebut, warga sekitar akhirnya mengambil kebijakan untuk menggunakan gedung tersebut sebagai tempat untuk menyimpan sejumlah bahan bangunan, seperti kayu, papan dan lainya.

Sebab itulah, pihaknya mengharapkan agar gedung tersebut bisa dilakukan pendataan ulang (inventarisir) dan kembali dikelola secara optimal oleh Pemkab Benteng.

\"Ini adalah aset pemerintah daerah (Pemda). Sebaiknya jangan dibiarkan terbengkalai. Gedung ini bisa digunakan unuk berbagai kegiatan positif,\" bebernya.

Jika tidak juga difungsikan, sambung Tahulani, bangunan itu akan semakin rusak dan hancur dimakan usia. Dengan demikian, dana yang dikucurkan untuk membangun jembatan tersebut akan terbuang sia-sia (mubazir,red).

\"Sebaiknya perencanaan pembangunan dilakukan secara matang. Sebab, masih banyak infrastruktur yang lebih penting untuk dibangun. Terutama infrastruktur yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti jalan, jembatan serta sarana dan prasarana lainnya,\" tutupnya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: