Lapas Arma Over Kapasitas

Lapas Arma Over Kapasitas

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Persoalan kelebihan kapasitas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Arga Makmur (Arma) Kabupaten Bengkulu Utara menjadi masalah serius yang dihadapi saat ini. Pasalnya ruang Lapas yang hanya cukup untuk menampung tahanan sebanyak 200 orang, namun saat ini diisi 400 warga binaan.

Kepala Lapas Kelas II B Arga Makmur, Wahyu SH mengatakan, tahun 2017 ini pihaknya berharap segera dibangun ruang tahanan baru. Sebab, Lapas tersebut sudah tidak memadai lagi karena sudah over kapasitas.

\"Kami sudah mengusulkan agar ada pembangunan serta rehab total ruang tahanan baru,\" kata Wahyu saat ditemui Bengkulu Ekspress, kemarin (2/2).

Selain itu, Kalapas juga mengatakan pembangunan rehab total saat ini lebih diutamakan pada tempat keamanan dan pembinanaan. Yang mana untuk tempat pembinaan akan dibuat blok tahanan khusus bagi anak dan wanita sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

\"Untuk diketahui jumlah tahanan saat ini sudah mencapai kurang lebih 400 orang, bahkan bukan hanya tahanan dari Bengkulu Utara saja di sini, namun tahan dari Kabupaten Bengkulu Tengah juga ditampung di Lapas ini,\" jelas Kalapas.

Disisi lain,  ia menilai para penjaga tahanan dan pembinaan di Lapas  juga masih kurang. Karena sebanyak 400 orang  tahanan hanya di jaga oleh 60 orang pegawai Lapas.

\"Selain kurang ruang tahanan, penjaga dan pembina tahanan juga kurang hanya dijaga 60 orang pegawai Lapas, harapan saya di tahun 2017 ini jumlah penjaga dan pembinanya ditambah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,\" tutupnya.(cw2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: