PLN Curup Cabut Subsidi 2000 Pelanggan

PLN Curup Cabut Subsidi 2000 Pelanggan

CURUP, BE - Seiring dengan adanya kebijakan pencabutan subsidi bagi pengguna listrik 900VA oleh pemerintah pusat, maka untuk Kabupaten Rejang Lebong ada sekitar 2000 pelanggan listrik 900VA. \"Untuk pelanggan 900VA yang dicabut subsidinya ada sekitar 2.000 pelanggan yang tersebar di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,\" ungkap Manajer PT PLN Rayon Curup, A Rafico melalui Supervisor Administrasi, Aini Kusningsih Selasa (17/1), kemarin.

Menurut Aini Kusningsih yang akrab disaba Bu Eci tersebut, 2 ribu pelanggan yang dicabut subsidi tersebut, setelah pada tahun 2017 lalu, pihak PLN Rayon Curup melakukan verifikasi ke lapangan berdasarkan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Dari hasi verifikasi tersebut, ternyata ditemukan sekitar 2 ribu pelanggan PLN Rayon Curup yang tidak layak mendapat subsidi listrik 900VA.

Dengan adanya pencabutan subsidi ini, maka 2 ribu pelanggan 900VA, daya yang mereka gunakan tetap daya 900VA, hanya saja akan mengalami beberapa kali kenaikan tarif listrik hingga bulan Mei mendatang. Dimana untuk kenaikan tahap pertama yaitu pada bulan Januari hingga Februari tarif yang dikenaikan bagi pelanggan non subsidi adalah Rp 751 per KWH. Kemudian akan mengalami kenaikan lagi untuk bulan Maret dan April yang menjadi Rp 1.034 per KWH. Selanjutnya naik lagi menjadi Rp 1.352 per KWH untuk bulan Mei mendatang.

\"Kenaikan yang akan paling dirasakan yaitu pada bulan Mei mendatang karena nilainya cukup besar,\" jelas.

Dengan adanya pencabutan subsidi bagi 2 ribu pelanggan PLN 900VA tersebut, maka biaya listrik yang mereka gunakan sama dengan listrik pelanggan 1300VA. Namun dibatasi penggunaannya, dimana untuk 900VA daya yang digunakan lebih sedikit dari 1.300VA, oleh karena itu Eci menawarkan untuk mereka yang subsidinya dicabut tersebut untuk beralih ke daya 1.300VA. Karena pengguna 1.300VA akan lebih leluasa menggunakan listrik.

\"Kalau menggunakan 1.300VA pelanggan bisa menggunakan banyak peralatan listrik tanpa harus takut turun,\" paparnya.

Lebih lanjut Eci menjelaskan, selain pencabutan subsidi bagi pelanggan lama, untuk pelanggan baru daray 900VA juga tidaka akn diberikan susidi. Subsidi hanya diberikan bagi pelanggan-pelanggan yang kurang mampu yang memang layakn mendapatkan subsidi PLN. Dimana menurut Eci, data masyarakat Rejang Lebong yang layak untuk mendapatkan subsidi listrik 900VA sudah ada disistem yang dimiliki oleh PLN.

\"Saat akan memasang jaringan 900VA, kita akan lihat disistem kita apakah mereka layak mendapat subsidi atau tidak, kalau layak akan kita berikan subsidi, kalau tidak maka akan dikenakan tarif normal,\" terang Eci.

Sementara itu, untuk jumlah pelanggan PLN Rayon Curup sendiri, menurut Aini hingga saat ini ada sekitar 69 ribu pelanggan. Dari total pelanggan tersebut 75 persennya merupakan pelanggan dengan daya 900VA dan 450VA. Untuk pelanggan 450VA ini ada sekitar 5 ribu pelanggan, mereka ini merupakan pelanggan lama.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: