Impor Ikan Masih Tinggi

Impor Ikan Masih Tinggi

MUKOMUKO,BE – Permintaan ikan jenis nila,mas,lele dan jenis lainnya saat ini masih sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tingginya impor ikan dari luar daerah yang didatangkan di kabupaten ini. Walaupun hasil produksi budidaya ikan di daerah ini juga mengalami peningkatan.

\"Tahun lalu  kita masih banyak mendatangkan ikan dari luar daerah. Untuk tahun ini akan dikurangi jumlahnya untuk memberdayakan produksi lokal,\" kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Eddy Apriyanto SP didampingi Kabid Budidaya Perikanan , AM Azbas SPi. Upaya yang dilakukan saat ini pihaknya akan meningkatkan produksi ikan lebih banyak lagi dari tahun sebelumnya.

Di tahun 2012 lalu produksi ikan nila mencapai 560,97 ton, ikan Mas 214,06 ton,ikan Lele 976,87 ton dan jenis ikan lainnya 138,910 ton/tahun. Produksi tersebut jauh meningkat dari tahun sebelumnya Sedangkan untuk jumlah ikan impor dari daerah lain untuk jenis ikan Nila 28,7 ton,ikan Mas 9,4 ton,ikan Lele 4,6 ton dan jenis ikan lainnya mencapai 4,7 ton/tahun. \"Tahun ini kita optimis mengalami peningkatan hasil produksi yang signifikan,\" ujarnya.

Peningkatan produksi didukung potensi sumber air yang melimpah. Seperti irigasi manjuto yang mampu mengaliri areal 16 ribu hektar,irigasi air selagan mampu mengaliri areal 5 ribu hektar, danau  nibung dengan luas sekitar 40 hektar,danau lebar sekitar 60 hektar serta  terdapat pula potensi sungai besar seperti sungai manjuto,selagan air dikit, sungai nelan dan sungai muar serta potensi sub sektor perikanan darat yang memiliki potensi dengan luas lahan mencapai 2.185 hektar.

\"Potensi itu akan dioptimalkan yang tentunya perlu dukungan dan keseriusan masyarakat khususnya pembudidaya ikan sehingga produksi semakin meningkat dan memenuhi kebutuhan konsumen,\" pungkasnya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: