Perayaan Natal Kondusif

Perayaan Natal Kondusif

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress - Perayaan Natal bagi umat agama kristen di Kabupaten Kepahiang berjalan dengan khidmat, aman dan kondusif.  Tidak ada kendala yang dialami para jamaah saat akan melaksanakan ibadahnya.

Polres Kepahiang  mengerahkan sebanyak 21 personel untuk mengamankan tiga gereja di kawasan Pasar Ujung Kecamatan Kepahiang, Minggu (25/12).

Kapolres Kepahiang, AKBP Ady Savart PS SH SIK mengatakan, 3 lokasi gereja yang menjadi pusat kegiatan perayaan Natal. Masing-masing gereja ditempatkan 7 personel berseragam lengkap.

\"Pertama di Gereja Kristen Injil Indonesia (GKII) yang diikuti sebanyak 300 jemaat. Kemudian Gereja Pentakosta di Indonesia (GPdI) yang diikuti sekitar 70 jemaat,\" terang Ady.

Terakhir, lanjut Ady, di Gereja Khatolik ST Markus dengan jemaat sekitar 150 orang. Seluruh gereja berada di Kelurahan Pasar Ujung.

\"Selama perayaan Natal bagi para jemaat umat Nasrani, berlangsung aman dan kondusif. Kita juga berterima-kasih kepada masyarakat yang turut serta menciptakan sutiasi yang aman dan kondusif,\" kata Ady.

Menurut Ady, hari ini (kemarin, red)   pengamanan bukan hanya dilakukan pada 3 titik gereja saja, tetapi juga pada lokasi wisata.

\"Ada sejumlah lokasi wisata yang turut kita tempatkan personel untuk melakukan pengamanan. Seperti Danau Suro, Kebun Teh Kabawetan, Air Terjun di Bandung Jaya dan Tapak Gedung serta beberapa lokasi wisatalainnya,\" ungkapnya.

Disisi lain, Ady menyampaikan, memang sempat terjadi gangguan pohon tumbang di jalan lintas Bengkulu Kepahiang wilayah hukum Bengkulu Tengah.

\"Namun Sat Lantas kita turut serta membersihkan sisa-sisa pohon tumbang akibat badai tersebut. Sehingga tercipta kondisi aman bagi pengendara dan terpenting arus lalu lintas tetap berjalan lancar,\" singkatnya.

Danramil Kepahiang Kapten,  Inf  Tonny Antonny mengatakan, pengamanan Natal an Tahun Baru 2017 merupakan tanggungjawab pihaknya selaku anggota TNI. Sehingga masyarakat terkhusus umat kristiani bisa menjalankan ibadahnya dengan lancar dan khusuk.

\"Kita bergabung dengan pihak kepolisian dalam rangka mengamankan situasi. Harapan kita kegiatan natal dan tahun baru tidak adanya gangguan dari pihak-pihak lain yang sifatnya tidak baik. Sejak Jumat (23/12) lalu hingga Senin 1 Januari 2017 kita akan tetap fokus bersama kepolisian mengamankan wilayah Kabupaten Kepahiang,\" kata Tonny, dikonfirmasi Minggu (25/12).

Tonny juga berharap, dalam rangka membantu masyarakat Kepahiang pihaknya bekerja dengan tulus dan ikhlas. Oleh karena itu pihaknya juga mengimbau supaya masyarakat aktif serta berkoordinasi dengan pihaknya jika adanya hal-hal yang sifatnya menyebabkan keburukan.

\"Saya minta kepada masyarakat jangan sampai sungkan-sungkan untuk berkoordinasi dengan kita, karena kita merupakan mitra masyarakat dan pihak lainnya dalam rangka menjaga kedaiaman serta ketertiban dalam lingkungan masyarakat serta seluruh wilayah dalam Kabupaten Kepahiang,\" pungkas Tonny. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: