MTQ Mulai Dipersiapkan

MTQ Mulai Dipersiapkan

TUBEI,Bengkulu Ekspress - Kabupaten Lebong dipastikan akan menjadi tuan rumah agenda Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi ditahun 2017. Memastikan kegiatan MTQ ini berjalan dengan lancar, Pemda Lebong melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Lebong terus melakukan berbagai persiapan. Mulai dari rencana lokasi dan fasilitas lainnya yang akan digunakan oleh seluruh kavila yang akan hadir. Diungkapkan Kepala Bagian Kesra Setkab Lebong Fabil Rozak MPdI, dari hasil koordinasi dengan pemprov, Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu dan rapat panitia kabupaten, \'\'Rencananya lokasi kegiatan MTQ dibagi ke beberapa lokasi. Ini untuk memudahkan dan menghemat waktu pelaksanaannya.\'\'

Untuk Cabang Tilawah digelar di panggung arena utama, yaitu di halaman Rumah Dinas Bupati. Lalu Cabang Hifzil Alquran dilaksanakan di Masjid Agung Sultan Abdullah, Syarhil Alquran di Indoor (Lapangan Tenis) samping rumah dinas bupati, Cabang Fahmil Alquran di gedung TP PKK Kabupaten dan Khotil Alquran di lokasi SDN 04 Lebong Atas atau di Aula Pemda Lebong.Cabang Musabaqah Makalah Ilimiah Alquran di laksanakan di SMPN 1 Lebong Atas dan Cabang Tafsir Alquran rencananya akan dilaksanakan di Aula Kemenag Kabupaten Lebong.

Panggung utama kita tempatkan dilahan rumah dinas bupati, sedangkan untuk kegiatan lomba lainya di laksanakan di 6 lokasi berbeda namun lokasi yang telah kita rancang ini tidak berjauhan yakni seluruhnya berad di kecamatan Lebong Atas dan Pelabai.

Ditambahkan Fabil, untuk cabang Tilawah dan Syarhil Alquran di laksanakan di lingkungan rumah dinas dan indoor. Karena biasanya cabang ini yang memiliki jumlah penonton yang paling banyak dari cabang lainnya. Untuk persiapan lainnya, dari hasil konfirmasi dengan Pemprov Bengkulu serta Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Lebong diberikan tanggung jawab menyiapkan fasilitas dan lokasi perlombaan. Termasuk untuk konsumsi panitia dan peserta perlombaan. Hal lainnya menjadi tanggungjawab provinsi, seperti honor dewan hakim, panitia provinsi, termasuk untuk hadiah baik piagam maupun tropy dan lainnya.

\'\'Kalau perkiraan jadwal pelaksanaan, kemungkinan MTQ digelar pada Oktober 2017 mendatang,’’ lanjut Fabil.

Ditambahkan Fabil, saat ini mereka tinggal lagi menunggu persetujuan atau pengesahan anggaran yang sudah diajukan senilai Rp 2 miliar lebih ke TAPD Pemda Lebong dan Banggar DPRD Lebong.

‘’Harapan kita tidak ada perubahan lagi dari jumlah anggaran tersebut. Apalagi dana yang diajukan sudah dirinci seminimal mungkin,’’ pungkas Fabil (777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: