Polisi Gadungan Ditangkap

Polisi Gadungan Ditangkap

BENGKULU, BE - Seorang pelaku penipuan dengan modus mengaku anggota Polda Bengkulu berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) DM, warga Kelurahan Panorama Kota Bengkulu ditangkap Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Bengkulu.

Penangkapan DM dilakukan di rumahnya, pada Rabu tengah malam (7/12). Pelaku telah berhasil menipu korbannya bernama Firdaus (39), warga Kelurahan Duku Ilir Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong dengan modus menawarkan korban mobil lelang hasil tangkapan dari Polda Bengkulu.

Pelaku menawarkan korban dengan dua unit mobil jenis Avanza dan Terios yang semuanya berharga Rp 55 juta.

Dalam kejadian itu korban telah menyerahkan uang sebesar Rp 20 juta sebagai uang muka dan sisanya apabila mobil sudah diterima. Selanjutnya, demi meyakinkan korban, pelaku mengajak korban masuk ke area Mapolda Bengkulu dan menunjukan mobil yang akan diberikan kepada pelaku. Akan tetapi, mobil tersebut adalah mobil yang akan diberikan ke pihak kejaksaan sebagai barang bukti kasus.

Direktur Reskrimum Polda Bengkulu, Kombes Pol A Rafik SE MH melalui Kasubdit Jatanras, AKBP Max Mariners mengatakan, berdasarkan keterangan dari korban bahwa pelaku pada saat menjalankan aksinya, mengaku sebagai anggota polisi.

\"Padahal mobil itu adalah barang bukti yang sedang akan diajukan ke kejaksaan,\" jelas Kasubdit Jatanras, kemarin (7/12).

Selanjutnya, pelaku mengatakan, kepada korban bahwa prosesnya akan selesai dalam satu jam lagi dan setelah satu jam kemudian korban menyerahkan uang sebesar Rp 20 juta yang diminta oleh pelaku sebagai uang muka pengambilan mobil.

\"Uang telah diberikan oleh korban dan selanjutnya korban diminta untuk menunggu beberapa hari,\" ujarnya.

Pengakuan DM, ia menawari korban ada mobil yang akan dilelang di Polda Bengkulu dan kemudian meminta uang awalnya yang diberikan sebesar Rp 10 juta dan selanjutnya diberikan lagi Rp 10 juta.

\"Aku minta dengan korban totalnya Rp 20 juta,\" akunya.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: