Kodim Sebar Intel Endus Rampok Binduriang, Polisi Bangun Pospol

Kodim Sebar Intel Endus Rampok Binduriang, Polisi Bangun Pospol

CURUP, BE - Tidak hanya polisi, personil TNI dari Kodim 0409 Rejang Lebong dilibatkan langsung untuk kembali melakukan perburuan terhadap pelaku perampokan yang kerap beraksi di jalan lintas Curup-Lubuklinggau. Kodim bahkan sudah menyebar tim intelijen di wilayah bakal calon kabupaten Lembak tersebut.

\"Pendekatan terus kita lakukan kepada tokoh masyarakat dan perangkat pemerintah desa agar mendukung kegiatan pengamanan di wilayah Binduriang dan Sindang Kelingi khususnya,\" tegas Dandim 0409 RL, Letkol Inf. Yanto Kusno Hendarto Jumat (18/1), bahkan pimpinan Kodim bahkan langsung datang ke Binduriang untuk silaturahmi dan berdiskusi dengan masyarakat.  \"Hingga saat ini kita masih meminta masyarakat mendukung untuk terciptanya kondisi yang aman di wilayah Binduriang,” ujar Yanto.

Selain melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat, sejumlah personel dilibatkan untuk berpatroli, serta sosialisasi sadar hukum dan cinta tanah air kepada para pelajar di wilayah Lembak. “Kita wajib membangkitkan kembali semangat berbangsa dan tanah air kepada para pelajar. Setiap minggunya, personel kami tunrun ke sekolah-sekolah untuk memberikan pencerahan terhadap hal itu,” ungkapnya.

Yanto yakin, langkah mereka yang terus berkoordinasi dengan pemda serta warga Lembak dapat memberikan solusi terbaik. Salah satunya komitmen bersama untuk memerangi kejahatan. Namun, ia tetap menegaskan semuanya harus berimbang. Ada komitmen warga, juga harus ada komitmen pemerintah untuk memenuhi keinginan warga. “Kita lakukan secara bertahap. Kalaupun ada komitmen bersama, bukan hanya aparatur desa dan tokoh masyarakat, para pemuda yang selama ini dianggap dicurigai, harus dilibatkan untuk memerangi kejahatan,” katanya.

Dibagian lain, personil Polisi masih melakukan perburuan terhadap pelaku perampokan yang diduga sudah berani melukai personil polisi Hanya saja, meski sudah menyebar personil dan menyebar foto pelaku perampokan, hingga kemarin polisi belum juga berhasil mengamankan pelaku. Diduga pelaku masih bersembunyi di kawasan kecamatan Binduriang. \"Langkah pendekatan kita lakukan dengan orang-orang yang kita curigai. Setidaknya kita dapat mencari titik terang komplotan yang kerap merampas kendaraan bermotor dan harta benda masyarakat yang menggunakan jalan lintas Curup-Lubuklinggau,\" ujar Kapolres RL AKP Edi Suroso, SH. Pos Pol Untuk memberikan pelayanan keamanan kepada masyarakat di jalan lintas Curup Lubuklinggau, Polres Rejang Lebong (RL) akan segera memfungsikan pos polisi (pospol), di Desa Taba Padang kecamatan Binduriang. \"InsyaAllah pembangunan pospol Taba Padang akan selesai awal Februari 2013, setelah itu akan segera kita fungsikan,\" tegas Kapolres RL AKBP Edi Suroso SH, kepada wartawan belum lama ini.

Gedung pospol, sambung Kapolres, dibangun dilokasi Desa Taba Padang dengan anggaran sekitar Rp 380 juta untuk pembangunan gedung dan mebeler. Seperti diketahui, pospol Taba Padang menjadi sasaran pembakaran oleh masyarakat, saat bentrok antara polisi dan warga pertengahan tahun 2012 lalu. \"Dengan difungsikanya pospol Taba Padang, mudah-mudahan dapat membantu pengamanan di jalan lintas Curup-Lubuklinggau,\" kata Kapolres. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: