Munculkan Ornamen Daerah

Munculkan Ornamen Daerah

TUBEI,Bengkulu Ekspress - Dalam upaya pelestarian seni budaya di Kabupaten Lebong, diharapkan setiap gedung maupun perkantoran menggunakan ornamen maupun simbol berciri budaya Kabupaten Lebong.

Disampaikan Wakil Ketua I DPRD Lebong Mahdi SSos, dengan memakai ornamen di setiap bangunan baik perkantoran, usaha/bisnis dan lainnya, itu menunjukkan kepedulian dan perhatian dalam upaya melestarikan dan memajukan budaya suatu daerah, khususnya Kabupaten Lebong.

\"Bila kita lihat pada beberapa daerah sudah memakai maupun menggunakan ornamen maupun peralatan lainnya yang menjadi ciri khas daerah tersebut,\" kata Mahdi.

Saat ini, lanjut Mahdi pemunculan ornamen daerah sudah mulai tampak, seperti pada pembangunan tugu presidium atau taman presidium di Simpang Tiga Tanjung Agung. Untuk itu, kedepan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong diharapkan turut memberikan perhatian yang lebih serius dalam upaya pelestarian budaya maupun seni serta lainnya, sehingga dapat senantiasa muncul dan menjadi ciri khas daerah. Jika tidak, maka lenyaplah dan generasi muda selaku penerus sama sekali tidak mengenal bahkan melupakannya.

\"Saya lihat pada tiang tugu taman presidium sudah memunculkan atau memperkenalkan ornamen daerah. Nah kalau disetiap gedung kantor atau bangunan lainnya menggunakan ciri khas ini saya rasa lebih bagus,\" ungkap Mahdi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lebong, Ir Eddy Ramlan MT mengatakan, kedepan dalam perencanaan pembangunan gedung atau kantor dimasukkan ornamen daerah seperti yang dibuat pada proses pembangunan taman tugu presidium simpang tiga Tanjung Agung tersebut.

\"Bahkan kedepan kita akan mengusulkan penggunaan ornamen daerah tersebut agar bisa dibuat menjadi peraturan daerah (Perda),\" ucap Eddy.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: