Pengobatan Sapi Gratis

Pengobatan Sapi Gratis

\"Sapi

AIR PERIUKAN, BE - Guna menyukseskan program sentra peternakan rakyat (SPR). Pemkab Seluma melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distannakbun) memberikan pengobatan gratis untuk ternak sapi. Sampai kemarin (13/10) telah 200 ekor sapi diberikan pengobatan secara massal dan gratis.

“Beberapa catatan yang harus di penuhi terlebih dahulu untuk program ini harus ada sapi betina sebanyak 1.000 ekor dan sapi jantan sebanyak 100 ekor minimal,” tegas Kepala Distannakbun Kabupaten Seluma Marah Halim SP MP didampingi Kepala Bidang Peternakan Zuraini Irwan SP kepada BE kemarin (13/10).

Pengobatan gratis itu dipusatkan di Desa Sukasari Kecamatan Air Periukan. Lokasi yang akan dijadikan sebagai lokasi SPR di Kabupaten Seluma ini telah memenuhi syarat jumlah ternak tersebut. Bahkan di wilayah Kecamatan Air Periukan jumlah ternaknya sudah mencapai 2.000 ekor dan sapi jantan lebih dari 100 ekor. Jumlah itu sudah bisa mendukung penetapan lokasi SPR, serta telah dilakukan pembinaan terhadap peternak yang ada.

“Diharapkan nantinya wilayah Air Periukan menjadi pusat peternakan sapi di Kabupaten Seluma sehingga jumlah sapi terus bertambah,” tegasnya.

Dibeberkan Zuraini, Saat ini sudah ada 9 kelompok peternak sapi tergabung dan mendukung program SPR ini. Untuk pengobatan pertama melibatkan langsung tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Peternakan Hewan Provinsi Bengkulu. Kabid Peternakan mengatakan, pengobatan gratis itu, bukan hanya untuk Kecamatan Air Periukan saja.

“Hal ini jangan menjadi kecemburuan kecamatan lain juga tetap mendapatkannya,” sambungnya.

Saat ini sudah dijadwalkans sekali dalam seminggu. Hanya saja program SPR memang dipusatkan di Kecamatan Air Periukan, tanpa mengeyampingkan sejumlah desa lainnya yang memang memiliki potensi sama.

“Secara bertahap kita juga akan mendatangi desa-desa lainnya untuk kegiatan SPR ini,” sambungnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: