Bangun Perusahaan Air Minum

Bangun Perusahaan Air Minum

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress - Dalam rangka mengurangi pengangguran di Bengkulu Selatan (BS) Pemda Bengkulu Selatan (BS) akan membuka lapangan kerja yakni mendirikan perusahaan air minum air kemasan.

\"Kami berencana membuka usaha air minum kemasan yang lokasinya kami rencanakan di Kecamatan Air Nipis,\" kata Ketua Tim Percepatan Pembangunan Bengkulu Selatan, Ir H Jonior Hafiz MP.

Dikatakan Jonior, lokasi yang direncanakan yakni Dusun Lubuk Langkap Desa Sukamaju dan Desa Sukarami, Air Nipis, dengan memanfaatkan Sungai Air Nipis.

Meskipun demikian, usaha air minum kemasan ini nanti bukan menjadi perusahaan daerah, melainkan badan usaha milik desa (bumdes). Sehingga menjadi sumber pendapatan desa yang akan mengalolanya. \"Nanti yang akan mengelolanya kedua desa itu, karena kami rencanakan menjadi Bumdes,\" ujarnya.

Ditambahkan Jonior, untuk dana pembangunan usaha yakni seperti untuk pembelian mesin dan pelatihan tenaga kerja serta kebutuhan biaya lainnya, pihaknya akan menggandeng perusahaan-perusahaan besar di Bengkulu Selatan, seperti PT BSL, PT SBS, PT ABS dan PT Jatropa. Sehingga ada kerja sama Pemda BS dan Perusahaan besar di Bengkulu Selatan untuk mengurangi pengangguran di BS. Bahkan dirinya menargetkan dalam waktu dekat, usaha air minum kemasan segera terwujud.

\"Kami sudah pernah bicarakan dengan pihak perusahaan-perusahaan tersebut, pihak perusahaan menyambut baik rencana itu, \" imbuhnya.

Dijelaskan Jonior, timbulnya pemikiran tersebut lantaran selama ini air minum kemasan di Bengkulu Selatan selalu dipasok dari daerah luar yakni Kota Bengkulu. Padahal dari waktu ke waktu, warga ingin mendapatkan air minum dengan cara praktis semakin banyak.  Oleh karena itu, dengan adanya usaha aim minum kemasan di BS nanti, maka kebutuhan air minum siap saji di Bengkulu Selatan akan terpenuhi. Tidak hanya itu, air kemasan produksi Bengkulu Selatan nanti bisa memenuhi kebutuhan air minum siap saji di daerah tetangga seperti Seluma, Kaur hingga ke Pagar Alam.

\"Minimal kalau sudah ada usaha di daerah sendiri, kebutuhan air minum siap saji tidak perlu lagi beli dari luar, bahkan Bengkulu Selatan nanti bisa jadi pemasok air minum siap saji ke daerah lain,\" demikian Jonior. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: