Ribuan Ikan Mati

Ribuan Ikan Mati

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress - Warga Desa Pondok Kelapa I, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mendadak gempar sekitar pukul 07.00 WIB, Rabu (28/9) kemarin.

Pasalnya, warga sekitar dikejutkan dengan matinya ribuan ekor ikan sungai yang terdapat di sepanjang aliran Sungai Kotong, Desa Pondok Kelapa.

Salah seorang warga setempat, Hairudin (50) menjelaskan, ribuan ikan tersebut diperkirakan sudah mati dan terapung sejak Selasa (27/9) malam. Meski belum bisa mamastikan penyebab pasti kematian ikan, warga menduga bahwa peristiwa tersebut terjadi akibat limbah usaha tambak udang yang terdapat di hulung sungai tersebut.

\"Dilihat dari kondisi ikan yang sudah terapung dan dalam kondisi yang tak lagi segar, diperkirakan ribuan ikan ini sudah mati sejak Selasa malam,\" jelas Hairudin.

Resah dengan peristiwa tersebut, pihaknya pun sudah beberapa kali menyampaikan keluhan tersebut ke Badan Lingkungan Hidup (BLH) ataupun Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Benteng. Namun belum ada tindaklanjutnya.

\"Jika dihitung, peristiwa sepertini sudah empat kali terjadi. Meski demikian, hingga saat ini laporan kami belum juga ada tanggapan, baik itu dari pemerintah daerah (pemda) ataupun anggota DPRD yang katanya adalah wakil rakyat,\" kesal Hairudin.

Lebih lanjut ia menuturkan, menghindari terjadinya peristiwa serupa, pihaknya berharap agar pemerintah daerah segera mengambil tindakan dan menelusuri penyabab pasti kematian ikan pada aliran sungai tersebut. Baik itu dengan memeriksa kandungan air sungai ataupun saluran pembuangan limbah usaha produksi udang yang ada di sekitar hulu sungai.

\"Selain ikan, tanaman yang hidup di tepi sungai pun tampakkerdil. Kami harap ini segera ditindaklanjuti sebab kami semakin khawatir jika air sungai akan semakin tercemar dan merusak habitat mahluk hidup didalamnya,\" pintanya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: