Selidiki Keterlibatan Pelaku Lain

Selidiki Keterlibatan Pelaku Lain

BINTUHAN, BE - Tim Penyidik Polres Kaur sampai saat ini masih terus melakukan penyelidikan dan pengembangan terkait perampokan dan pembunuhan petani kopi, Budiman (65), warga asal Belitang Kabupaten Oku Timur Sumatera Selatan. Pemeriksaan terhadap pelaku utama Slamet alias Joko (31), warga asal Jawa yang tinggal di Desa Ulak Bandung Kecamatan Muara Sahung masih terus dilakukan guna menelusuri apakah ada keterlibatan pihak lain selain Slamet.

“Kita masih terus lakukan pengembangan pelalu lain, karena dari hasil keterangan pelaku, sementara dia sendiri melakukan itu,” kata Kapolres Kaur AKBP Bambang Purwanto SIK melalui Kasat Reskrim, AKP Johan Andika SE SIK, Jum’at (16/9) kemarin.

Dikatakan Kasat, dari hasil pengakuan pelaku Slamet ia melakukan pembunuhan Budiman dengan cara memacul bagian belakang kepala korban, hingga tersungkur dilantai, kemudian secara berulang-ulang terus memacul kepala korban sehingga tewas itu dilakukan oleh ia seorang. Namun polisi berpendapat lain, jika pelaku membuang mayat korban dan mengambil harta benda korban itu dibantu orang lainnya. Namun untuk membuktikan keterlibatan pelaku lain, polisi tengah melakukan penguatan bukti dan petunjuk untuk menyeret tersangka lainnya.

“Kalau berdasarkan keterangan yang kami himpun dan hasil olah TKP ada keterlibatan pelaku lain, tapi kita belum bisa menduga pelaku lain itu siapa, karena kasus ini masih kita dalami,” terangnya.

Ditambahkan Kasat, untuk motif pembunuhan sendiri dilakukan pelaku kepada korban itu karena sakit hati atas ucapan korban. Dimana pada saat itu pelaku yang memang terlilit hutang itu berencana berburu ke hutan membawa senapan angin seorang diri, dan kemudian pada berburu tersebut pelaku melewati perkarangan pondok korban, lalu korban menghampiri pelaku dan terjadilah percakapan yang membuat pelaku emosi. Karena pelaku merasa tersinggung dan kesal atas ucapan korban, ia melihat cangkul yang berada tidak jauh dari korban dan kemudian langsung mengayunkan cangkul kearah kepala belakang korban sebanyak tiga kali hingga membuat korban tersungkur dan tewas ditempat. Selanjutnya oleh pelaku mayat korban dibungkus plastik dan karung lalu dibuang kejurang sekitar jalan Air Kemang, setelah membuang mayat korban pelaku lalu mengambil uang dan motor korban.

“Sesuai dari keterangan pelaku, ia nekat membunuh korban yang masih temannya sendiri itu karena sakit hati atas ucapan korban, ditambah lagi pelaku ada niatan ingin mengambil uang hasil jual kopi milik korban itu,” tutup Kasat.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: