Dukung Penambahan Fasilitas Polhut

Dukung Penambahan Fasilitas Polhut

LEBONG UTARA,BE - Penambahan fasilitas operasional bagi Polisi Kehutanan (Polhut) Kabupaten Lebong untuk meningkatkan pengawasan terhadap hutan di Kabupaten Lebong mendapat dukungan dari tokoh masyarakat (Tomas) Lebong H Amilius yang juga mantan Anggota DPRD Rejang Lebong.

Penambahan fasilitas ini dinilai wajar karena hutan yang perlu diawasi cukup luas. Sedangkan kendaraan operasional yang dimiliki saat ini cukup minim dan tidak seimbang jika dibandingkan dengan luas hutan di Kabupaten Lebong.

\"Pada prinsipnya kita mendukung permintaan Dishutbun karena kita semua mengerti berat beban tugas yang di hadapi Dishutbun. Idealnya Dishutbun punya kendaraan untuk mobilitas sekurang-kurangnya 2 unit mobil patroli satu unit dump truk,\" kata Amilius. Dengan penambahan fasilitas itu, hendaknya harus dibarengi dengan peningkatan kinerja Polhut untuk terus menjaga keutuhan hutan di Kawasan Kabupaten Lebong ini.

\"Penambahan Fasilitas ini untuk mengurangi tingkat perambahan hutan yang sekarang ini mejadi penyumbang terbesar kerusakan hutan kita. Kita juga meminta Dinas Kehutanan melaksanakan program penghijauan kembali lahan terlantar sehingga menjadi hutan produktif. Agar progam berhasil maka harus ada kerja sama dengan masyarakat disekitar hutan dengan tujuan rambahan hutan akan tidak ada lagi masyarakat dapat menikmati hasil dari hutan tanpa harus merusak hutan,\" jelas Amilius.

Selain itu, untuk menjaga hutan juga harus ada program pemberdayaan masyarakat sehingga ikut bertanggung jawab melindungi hutan tersebut. \"Kalau masyarakat itu sudah sejahtera maka masyarakat sendiri tidak akan bergantung pada hutan lagi untuk bertahan hidup dikarenakan ada program pemberdayaan yang membantu masyarakat,\" pungkasnya.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: