19 Kube Dapat Bantuan Kemensos

19 Kube Dapat Bantuan Kemensos

\"administrasi_kantor_2\"TUBEI,Bengkulu Ekspress – Pada 2016 ini, Dinas Sosial dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Lebong mendapatkan bantuan kelompok usaha bersama (Kube) dari Kementrian Sosial. Sebanyak 19 Kube yang dipusatkan di Kecamatan Lebong Tengah menerima bantuan berupa dana yang digunakan untuk modal usaha. Dengan jumlah bantuan maksimal sebesar Rp 20 juta.

Sekretaris Dinsosnakertrans Lebong Bambang Tegoeh SSos menjelaskan, satu kelompok minimal beranggotakan 7 orang dan maksimal 10 orang. Masing-masing orang nantinya mendapatkan bantuan Rp 2 juta.

\"Jadi jika anggota kelompok terdiri dari 10 orang, maka bantuan yang diberikan Rp 20 juta per kelompok. Jika anggota hanya 7 orang, maka bantuan yang diberikan pada satu kelompok hanya Rp 14 juta,\" jelas Bambang..

Bantuan itu nantinya ditransfer langsung kementrian ke masing-masing rekening kelompok. Sementara Dinsosnakertrans hanya menerbitkan rekomendasi apakah kelompok yang sebelumnya telah mengusulkan proposal layak atau tidak menerima bantuan ini. Saat ini masih proses pemberkasan sementara validasi beberapa waktu lalu sudah dilakukan tim dari Kementerian Sosial.

\"Kube yang mendapatkan bantuan ini nantinya mendapatkan pendampingan dari tenaga penyuluh perikanan atau tenaga penyuluh pertanian. Jika nanti kelompok ingin membuat kolam, maka tenga pendamping aitu berasal dari penyuluh perikanan. Hal ini bertujuan agar bantuan yang diberikan dapat benar-benar berjalan dengan maksimal sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan,\" kata Bambang.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: