Pelamar Satpol PP 647 Orang, 60 Persen Sarjana

Pelamar Satpol PP 647 Orang, 60 Persen Sarjana

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress - Adanya penerimaan tenaga kontrak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan (BS) ternyata diserbu kalangan pencari kerja di Bengkulu Selatan. Hal ini dibuktikan dari waktu pendaftaran calon anggota Satpol PP yang dibuka hanya 3 hari, yakni 6 September hingga  8 September, ternyata jumlah pelamarnya membludak. \"Dari kuota yang disediaan hanya 100 tenaga Satpol PP ternyata pendaftarnya mencapai 647 orang,\" kata Kasatpol PP BS, Drs Firmansyah.

Dari jumlah pendaftar tersebut, ternyata didominasi dari kalangan lulusan sarjana. Bahkan dari 647 pendaftar, ada 60 persen lulusan sarjana atau lebih dari 400 pelamar sarjana. Tingginya minat sarjana menjadi Satpol PP sebagai bukti jika peluang kerja atau lapangan pekerjaan di BS sangat sedikit.

\"Saya menilai, banyaknya sarjana yang melamar mau menjadi Satpol PP sebagai bukti  lapangan pekerjaan di Bengkulu Selatan sulit,\" ujarnya.

Ditambahkan Firmansyah, meskipun saat ini jumlah pendaftar 647 orang,  namun semua itu belum tentu lulus semua secara administrasi, sebab mulai kemarin, pihaknya sedang menyeleksi persyaratan administrasi seperti umur dan pendidikan. \"Saat ini masih kami lakukan seleksi administrasi, jika umurnya lebih dari 30 tahun atau kurang dari 21 tahun tentu kami coret, sebab persyaratan umur minimal 21 tahun maksimal 30 tahun dengan pendidikan minimal lulusan SMA sederajat,\" imbuhnya.

Selanjutnya, ujar Firman, setelah lulus seleksi administrasi, maka hari ini peserta akan mengambil nomor tes. Adapun tes nanti ada tes tertulis, wawancara hingga tes fisik. Waktu tes diperkirakan usai hari raya Idul Adha. \"Pelaksanaan tes akan digelar usai Idul Adha, namun Sabtu (10/9) akan ada pengarahan dari Bupati terhadap calon anggota Satpol PP,\" demikian Firmansyah. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: