LAUTAN MANUSIA, SEMANGAT KEMERDEKAAN

LAUTAN MANUSIA, SEMANGAT KEMERDEKAAN

Hujan Turun Tak Surutkan Langkah Puluhan Ribu Peserta Jalan Sehat

  \"RIO-JALAN \"RIO-JALAN Puluhan ribu masyarakat Bengkulu antusias mengikuti jalan sehat Kemerdekaan. Meski sempat diguyur hujan, tidak menyurutkan langkah peserta menempuh perjalanan sekitar 4 kilometer. Ivent ini menjadi terspektakuler tahun ini.

JALAN sehat dan karnaval Kemerdekaan diselenggarakan Bengkulu Ekpsress, Pemkot Bengkulu, Korem 041 Gamas Bengkulu, dengan sponsor utama Luwak White Koffie dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71, kemarin (21/8) berlangsung spektakuler.

Puluhan ribu masyarakat datang dari seluruh penjuru Provinsi Bengkulu, memadati lapangan View Tower (Merdeka) untuk mengikuti jalan sehat berhadiah utama 1 unit rumah.

Peserta sudah mulai memadati lokasi start di depan Gedung Daerah (Rumah Dinas Gubernur) sekira pukul 06.00 WIB. Peserta jalan sehat dilepas Wakil Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA, didampingi Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE, Direktur Bengkulu Ekspress (BE) Media Group, Sukatno MSi, Danrem 041/Gamas Bengkulu Kolonel Inf Andi Muhammad, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs M Ghufron MM MSi, Rektor Universitas Bengkulu Dr Ridwan Nurazi SE MSc, serta Manager Luwak White Koffie Indonesia Bagian Barat, Sugeng Mulyono ST.

Pelepasan jalan sehat ditandai dengan pengibaran bendera start, peserta langsung menyemut menyusuri Jalan Samping Gedung Daerah, menuju Masjid Akbar, simpang lima Ratu Samban, kawasan protokol Jalan Soeprapto, Pintu Batu dan finis di Lapangan View Tower. Meski jalan sehat diguyur dengan rintik hujan, tak mengurungkan niat peserta jalan sehat untuk sampai pada titik finish. Jalan sehat yang berakhir pada sekitar pukul 08.30 WIB tersebut, puluhan ribu masyarakat hadir kembali memadati lapangan View Tower.

Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu, Dr Rohidin Mersyah mengatakan tumpah ruah masyarakat yang hadir ini menjadi bukti dan semangat baru untuk membuat Bengkulu maju.

\"Antusias masyarakat sangat luar biasa. Walapun hujan semangatnya pantang untuk mundur. Ini menjadi motivasi kita, untuk membuat Bengkulu semakin maju. Dirgahayu Indonesa,\" ungkap Rohidin dengan tepuk meriah peserta.

Wagub yang juga membuka karnaval kemerdekaan yang diikuti pelajar Kota Bengkulu, di Simpang Lima Ratu Samban ini, menegaskan kreasi pelajar dengan cara karnaval juga patut untuk diacungkan jempol. Karena dengan karnaval yang bertema kemedekaan akan membuat pelajar-pelajar Bengkulu menjadi lebih mencintai bangsa Indonesia. \"Adek-adek yang ikut karnaval sangat membanggakan sekali. Ini akan membangkitkan rasa cinta budaya dan bangsa Indonesia,\" tegasnya.

Tak hanya itu, dikatakan Rohidin ketika budaya dan rasa cinta tanah air akan terus terjaga. Maka upaya itu akan membangun semangat untuk kemajuan daerah. Untuk itu dibutuhkan kerjasama dan peran semua pihak, demi membangun Provinsi Bengkulu dalam semua sektor. \"Kita berharap, dengan HUT RI ini, Bengkulu akan semakin maju dengan peran semua pihak,\" ujar Rohidin.

Orasi Kemerdekaan

Dalam kesempatan itu, Danrem 041/Gamas Bengkulu Kolonel Inf Andi Muhammad juga menyampaikan semangat kemerdekaan kepada Indonesa, terkhusus masyarakat Bengkulu. Kegitan yang berjalan lancar tersebut, juga membuktikan atas kekompakan masyarakat Bengkulu.

\"Hujan ini berkah. Berkah untuk terus membuat kita merdeka. Dirgahayu Indonesia, negara kita maju, Bengkulu maju, Merdekaaa..!,\" ungkap Andi dengan orasi semangat kemerdekaan.

Andi juga menegaskan kegiatan sepeti ini juga tidak hanya dilakukan hanya sekali. Namun harus dilakukan berkali-kali. Karena selain memberikan hiburan, Jalan pagi juga akan membuat badan menjadi sehat. \"Mudah-mudahan, kegiatan ini kedepan dapat lebih maju dan lebih banyak lagi,\" tambahnya.

Tak hanya Danrem 041/Gamas Bengkulu, dalam kesempatan itu Walikota Bengkulu, Helmi Hasan juga menyampaikan sambutan dengan semangat yang menggebu-gebu. Helmi memaknai, kemerdekaan bangsa Indonesia itu ketika masyarakat lepas dari kebodohan dan kemiskinan. Untuk melepas dua hal tersebut harus diisi dengan kerja keras dan kerja iklas. \"Mari kita isi kemerdekaan ini dengan kerja keras. Tanpa ada kerja keras, kemerdekaan sulit untuk kita dapatkan, merdeka, merdeka, merdekaa..,\" ungkap Helmi.

Helmi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mejaga kebersihan. Dengan bersih maka hidup akan menjadi sehat. \"Siapapun kita, merdekaaaaaaaaaaa,\" tegas dalam orasinya.

Direktur BE Media Group, Sukatno MSi mengungkapkan ribuan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas dukungan dan kerjasama dalam menyukseskan jalan sehat Bengkulu Ekspress. Terutama kepada Luwak White Koffie sebagai sponsor utama. \"Kita sangat mengucapkan ribuan terimakasih kepada semua pihak. Sehingga acara ini berjalan dengan sukses, walapun harus diguyur dengan hujan dan hujan ini juga menjadi keberkahan untuk kita semua,\" tegas Sukatno.

Dikatakanya, kegiatan jalan sehat Bengkulu Ekspress ini selalu rutin dilakukan dalam setiap tahunnya. Dalam tahun ketahun, kegiatan yang dilaksanakan semakin ramai dipadati oleh masyarakat Bengkulu. \"Dengan ramainya yang hadir, ini membuktikan bahwa Bengkulu semakin maju,\" tambahnya.

Sukatno juga berharap, kepada semua sponsor dan pihak yang telah mendukung, untuk tetap menjaga kebersamaan yang talah dibangun selama ini. Sehingga kedepan, kegiatan yang sama akan dilakukan dapat lebih sukses dari tahun ini. \"Mudah-mudah dengan kalender tahun ini, semua mitra kita tetap saling bersatu padu. Sukses untuk kita semua, majulah Bengkulu, Dirgahayu Indonesaia,\" pungkas mantan Ketua PWI Provinsi Bengkulu ini. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: