Kunjungan Gubernur Bengkulu ke Pulau Enggano, Pendidikan dan Jalan Prioritas Utama

Kunjungan Gubernur Bengkulu ke Pulau Enggano, Pendidikan dan Jalan Prioritas Utama

 ENGGANO, BE - Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti, MH berjanji akan menuntaskan permasalahan pendidikan dan infrastruktur di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. Pasalnya, dari kunjungannya ke Pulau Enggano, Selasa (17/8) lalu, bahwa angka anak yang putus sekolah di Pulau Enggano cukup tinggi. Begitu juga dengan infrastruktur, yakni jalan raya.

Gubernur meminta Camat Enggano dan kepala desa untuk mendata serta mengecek kendala anak usia di bawah 18 tahun yang putus sekolah.

\'\'Tanyakan kenapa tidak sekolah, kalau tidak ada sekolah disana, kita akan dirikan, kalau akses jalan susah, kita akan perbaiki, jangan sampai anak-anak tidak sekolah karena negara tidak hadir,\'\' ujar Ridwan Mukti, saat berbincang bersama warga dan unsur FKPD serta pihak kementerian yang turut dalam kunjungan tersebut.

Gub menekankan pentingnya pendidikan guna memacu kemajuan di setiap daerah. Apalagi Pulau Enggano akan dijadikan icon Bengkulu untuk tujuan pariwisata unggulan. \'\'Bagaimana kita mau memajukan Enggano kalau banyak anak yang putus sekolah, bagaimana nanti akan berinteraksi dengan para wisatan dari luar,\'\' tutur Gub.

Untuk itu, Gub berjanji akan memperbaiki akses jalan dengan mengutamakan akses menuju sekolah, fasilitas kesehatan serta sentra perekonomian. \'\'Nanti pada waktu penguatan badan jalan aspal akses menuju sekolah, kesehatan dan ekonomi masyarakat akan kita dulukan, karena kita membuat jalan itu supaya ketiga itu dapat diutamakan, bukan jalan ke kebun masyarakat. Sepanjang belum memenuhi tiga itu nanti dulu, kita aspal yang lain dulu,\'\' tutup Gub.

Untuk infrastruktur jalan, Ridwan Mukti berjanji bakal mengaspal hotmix jalan poros Enggano sejauh 40 km pada tahun 2020. Hal ini disampaikan Gubernur dalam rangkaian kunjungan upacara HUT RI ke-71 kepada masyarakat Enggano. \'\'2020 nanti kita akan aspal hotmix jalan di Enggano dan perbaiki sarana dan prasarana lain secara bertahap,\" janjinya.

Selain jalan, infrastruktur yang akan dibangun yakni penambahan sarana sekolah, perbaikan listrik, pembangunan pasar, sarana kesehatan, peningkatan pelabuhan dan badar udara serta sarana umum lainnya. Tujuannya, untuk mendukung tercapainya seal Enggano menjadi icon pariwisata dari Provinsi Bengkulu tahun 2020 mendatang. \'\'Ini merupakan komitmen kita selaku Pemrov, Pemkab Bengkulu Utara dan pusat. Untuk itu kita harus bekerja keras mewujudkannya,\'\' kata Ridwan Mukti.

Gubernur menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama Pemda Bengkulu Utara (BU) dan Pemerintah Pusat berkomitmen untuk kemajuan Pulau Enggano menjadi icon Bengkulu. Untuk itu, ia mengharapkan kerjasama dari masyarakat Enggano guna mendukung terlaksananya rencana tersebut. \'\'Kita sudah berkomitmen akan membangun Enggano lebih baik lagi kedepannya,\'\' harapnya.

Gubernur juga menambahkan Pemprov menyiapkan langkah-langkah strategis sehingga 2020 mendatang Enggano dapat dikenal di tingkat nasional hingga internasional. \'\'Kita akan adakan Seal Enggano yang merupakan salah satu dari 52 event dalam rangka menyambut HUT ke-52 Provinsi Bengkulu tahun 2020 mendatang,\'\' tambahnya

Warga Enggano Dukung Program

Terpisah, koordinator Ketua Suku-Suku Kecamatan Enggano, Harun Kaarubi menyatakan, seluruh masyarakat Enggano sangat mendukung tercapainya program yang direncanakan gubernur tersebut. \'\'Sampai saat ini, kami tidak pernah merasakan jalan yang bagus, beginilah terus, dengan rencana itu, kami sangat mendukung agar akses jalan di Enggano menjadi mulus,\'\' tuturnya.

Salah seorang pemuda Enggano, Silaturahman Kaharudi, menyampaikan hal senada. Menurutnya, akses jalan merupakan salah satu kendala masyarakat Enggano selama ini, baik jalur darat, laut maupun penerbangan. Namun apabila itu tidak terealisasi, selaku warga Enggano, ia akan selalu mendesak agar Gubernur memenuhi janji tersebut. \'\'Kami akan terus mendesak gubernur untuk mewujudkan janji yang telah diucapkan kepada seluruh masyarakat Enggano, karena transportasi merupakan tulang punggung ekonomi masyarakat\'\' tutupnya.(cw5)

Sementara itu, Deputi Bidang PRL KKP, Brahmantia Satia Murti P menyampaikan pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan berbagai kementerian terkait untuk pembangunan di Pulau Enggano, mulai dari pelabuhan laut, infrastruktur, sarana dan prasarana bidang pendidikan, kesehatan hingga penerbangan.

\'\'Sampai di Jakarta kita akan segera bicarakan percepatan pembangunan pelabuhan agar dapat berlayar tiap hari, kemudian bandara juga akan kita bicarakan dengan BUMN air line agar penerbangan ke Enggano juga tiap hari, sehingga lancarnya transportasi akan memacu percepatan pembangunan,\'\' tuturnya.

Sebelumnya Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir Mian dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih karena terpilihnya Pulau Enggano sebagai pusat pelaksanaan HUT RI-71 tahun ini. Ia juga berjanji kedepan akan mempercepat pembangunan Pulau Enggano kedepannya.

\'\'Terimakasih atas dipilihnya Enggano sebagai tuan rumah upacara HUT RI Ke-71. Kedepan Enggano tidak akan terisolir lagi, kita akan bekerja secara sinergis untuk membangun Enggano, 17 perwakilan dari kementerian juga menyaksikannya. Saya ucapkan selamat menikmati festival seni dan budaya Enggano,\'\' tutupnya.

Turut hadir dalam acara Unsur FKPD Provinsi yakni Danrem 041/Gamas Bengkulu, Kolonel Inf Andi Muhammad, Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Muhammad Nizar Gadafi, SE, Sekdaprov, Ketua DPRD Bengkulu Utara dan anggota, Dir Pol Air Polda Bengkulu, Direktur BPD, Direktur PLN, rektor UNIB, Kepala OJK dan para tamu undangan lainnya. Disamping itu, dilakukan juga penyerahan bantuan dari Dinas Sosial, Dinkes, Disdikbud dan DP3K secara simbolis oleh Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti, MH kepada warga.

Korem Gelar Baksos

Sementara itu, kegiatan serbu teritorial bakti sosial (baksos) yang dilakukan oleh Korem 041/Gamas Bengkulu mendapat pujian dari masyarakat Pulau Enggano. Pasalnya Baksos yang dilakukan langsung menyentuh pembangunan fisik maupun non fisik dalam peningkatan perekonomian.

Koordinator Ketua suku-suku Kecamatan Enggano, Harun Kaarubi mengatakan, baksos serbuan teritorial Korem 041/Gamas Bengkulu langsung menyentuh pembangunan dan kemajuan bidang ekonomi masyarakat Enggano. Bahkan ia berharap kegiatan itu dapat dilakukan setiap tahun.

\'\'Kita sangat merasakan manfaatnya, karena kegiatan Korem ini berbentuk fisik dengan membangunan sarana umum yang dirasakan langsung masyarat,\'\' Ujarnya kepada BE ketika ditemui saat malam acara festival seni dan budaya Enggano.

Hal Senada disampaikan salah seorang pemuda Enggano, silaturahman kaharudi. Ia juga berharap kedepannya baksos tidak hanya dilakukan oleh Korem, namun juga dari pihak pemerintah, sehingga timbulnya percepatan pembangunan dan perekonomian masyarakat Enggano yang selama ini kurang diperhatikan.

\'\'Manfaatnya sangat banyak sekali, karena memberikan pendidikan dan pemahaman kembali kepada masyarat bahwa Enggano merupakan Bagian dari NKRI,\'\' ungkapnya.

Untuk diketahui, Korem 041/Gamas Bengkulu yang dipimpin, Kolonel Inf Andi Muhammad melakukan Baksos serbu teritorial dalam rangka peringatan HUT RI ke-71 yang dimulai sejak tanggal 5 Agustus 2016 lalu hingga tanggal 20 Agustus mendatang. Adapun kegiatan yang dilakukan yakni berbentuk fisik dengan melakukan rehap

masjid dan gereja, pembangunan MCK dan rehap rumah tidak layak huni. Sedangkan untuk kegiatan non fisik yakni penyuluhan bela negara dan wawasan kembangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan KB dan kesehatan, pengobatan gratis, sunatan massal, latihan dan lomba PBB dan PPM bagi pelajar, lomba paduan suara pelajar, lomba pancasila dan lambang, pelatihan pengolahan ikan laut, pelatihan pengolahan emping melinjo dan pelatihan pengolahan pisang.(cw5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: