PMJB Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

PMJB Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

\"WAYANG\" BENGKULU, BE - Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB) Provinsi Bengkulu menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Pagelaran wayang dalam rangka halal bihalal PMJB ini, akan dilaksanakan Sabtu malam (30/7) di Kediaman Sugito Kelurahan Bumi Ayu 2 RT 2 RW 2 Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. \"Kegiatan ini dalam rangka mempererat silahturahmi antara anggota, pengurus PMJB dan seluruha masyarat Bengkulu,\" terang Sekretaris PMJB Provinsi Bengkulu, Dr Soemarno MPd kepada BE, kemarin.

Dikatakannya, selain mempererat silahturahmi, kegiatan wayang kulit semalam suntuk ini juga dimaksudkan untuk melestarikan budaya Jawa di Indonesia. Disamping itu makna-makna yang tekandung dalam cerita yang ada di wayang kulit banyak mengandung makna filosofi, ajaran-ajaran budi pekerti dan kebathinan. Hal ini selaras dengan tujuan PMJB, untuk ikut berkontribusi dalam membangun Provinsi Bengkulu.

\"Yang kita harapkan dalam kegiatan ini nantinya, untuk Bengkulu berkarya. Terebih dalam mempertahankan budaya-budaya yang ada di Indonesia termasuk di Bengkulu,\" tegasnya.

Pagelaran ini nantinya juga digratiskan kepada semua masyarakat Bengkulu, yang ingin menyaksikan kesenian masyarakat Jawa ini. Tak hanya itu, kegiatan ini nanti juga akan dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti MH dan mengundang semua unsur pimpinan FKPD serta tamu-tamu penting lainnya. \"Nanti gubernur akan langsung membuka secara resmi acara ini dan kita membuka seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin meyaksikan pegelaran wayang kulit ini,\" tambah Soemarno.

Disamping itu, Soemarno mengatakan sebelum melaksanakan pegelaran wayang kulit semalam suntuk, nantinya juga akan digelar Musyawarah daerah (Musda) Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Provinsi Bengkulu. Dimana musda tersebut akan menentukan pengurus serta ketua Pepadi di Bengkulu. Terlebih saat ini, dalang atau pembawa cerita pada wayang kulit telah banyak di Bengkulu. Sehingga diperlukan untuk mempererat silahturahmi antara para dalang tersebut.

\"Kita juga akan lakukan Musda Pepadi dan mengundang semua pedalangan yang ada di Provinsi Bengkulu. Setelah Musda selesai akan langsung menggelar wayang kulit semalam suntuk,\" pungkas mantan komisioner KPU Provinsi Bengkulu ini.(151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: