Pembangunan Infrastruktur Rp 300 M

Pembangunan Infrastruktur Rp 300 M

Kementerian PPN/ Bapenas Dukung Pengentasan Kemiskinan

\"jalan-01\"

BENGKULU, BE- Pembangunan infrastruktur menjadi program utama Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti MH dan Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA terus digenjot. Dalam usulan ke Anggaran Pendapatan Belaja Daerah Perubahan (APBDP) saja, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mengusulkan lebih dari Rp 300 Miliar untuk pembangunan infrastruktur dasar.

Angka yang sangat fantastis ini bakal akan disalurkan untuk pembangunan jembatan dan pembanguan jalan-jalan yang ada di Provinsi Bengkulu. \"Usulannya sudah dimasukkan, ada sekitar Rp 300 miliar khusus untuk pembangunan infrastruktur dasar saja,\" terang Pelaksana tugas (Plt) Sekdaprov Bengkulu, Ir Sudoto MPd, kemarin.

Dikatakannya, program pembangunan infrastruktur dasar sebagai upaya pemberantasan kemiskinan dan mengejar ketertinggalan dari daerah lain ini. Usulan angka Rp 300 miliar ini sudah disampaikan kepada kabupaten dan kota. Nantinya ketika usulan ini telah diketok palu oleh DPRD menjadi APBD 2016, maka anggaran tersebut akan langsung digunakan untuk pembangunan jalan dan jembatan provinsi yang berada di wilayah kota dan kabupaten. Sehingga, anggaran yang sudah diusulkan tersebut bisa benar-benar dapat memenuhi kebutuhan pembangunan infrastrukut dasar. \"Kita sudah sampaikan dengan kabupaten dan kota, kemudian akan kita gunakan anggarannya, untuk bersama-sama memberantas kemiskinan dan ketertinggalan,\" bebernya.

Tak hanya itu, Gubernur Bengkulu Dr H Ridwan Mukti MH bersama bupati dan walikota yang ada di Bengkulu juga telah melakukan rapat bersama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI. Dimana dapat pertemuan yang digelar beberapa hari yang lalu ini, membahas tentang program pembangunan yang akan dilakukan di Provinsi Bengkulu.

\"Alhamdulilah pertemuan kita disambut positif dalam mendukung pembangunan di Provinsi Bengkulu, dalam mengentasi kemiskinan,\" ungkap RM.

Dijelaskannya, pertemuan yang langsung disambut oleh Menteri PPN/Bappenas Dr Sofyan A Djalil SH MA MALD didampingi para deputi, seperti Deputi Bidang Pengembangan Regional Dr Ir Arifin Rudiyanto MSc ini, gubernur menyampaikan terkait pengetasan kemiskinan desa tertinggal dan percepatan pembangunan infrastruktur dipesisir barat sumatra.

\"Kalau dari Krui sampai Kaur bagus, dari Mukomuko ke Padang juga bagus, kenapa dari Mukomuko hingga Kaur jalannya tidak bagus. Ini yang kita sampaikan dan responnya sangat positif. Karena selama ini, pemerintah pusat minim informasi terkait masalah di Bengkulu,\" bebernya.

Untuk itu, APBN yang akan ketok palu pada 1 November mendatang. Gubernur telah memperintahkan bupati dan walikota untuk cepat menyampaikan hasil Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) dan proses APBD. Sehingga nantinya program masih-masing daerah termasuk provinsi dapat dimasukan ke APBN. \"Pakta integritas dan tata kelolah berbasis IT juga telah kita sampaikan dan respon positif itu akan langsung ditindak lanjuti dengan turun langsung ke Bengkulu pada bulan Agustus ini. Turun untuk menggali informasi itu akan menjadi sekala prioritas untuk dapat diwujudkan,\" tandas gubernur. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: