Lulusan Pesantren Lebih Mandiri

Lulusan Pesantren Lebih Mandiri

Wabup Lepas Kembaran Yuyun

CURUP, BE - Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM menilai lulusan pondok pesantren lebih mandiri dibandingkan dengan lulusan pendidikan formal lainnya. Menurut Wabup, hal tersebut dikarenakan lulusan pondok pesantren bukan hanya belajar ilmu pendidikan saja, melainkan juga ilmu-ilmu lainnya termasuk dalam kehidupan sehari-hari.

\"Lulusan pesantren lebih mandiri dibandingkan lulusan pendidikan lainnya, karena di sana mereka bukan hanya belajar saja, namun dilatih untuk mengarungi hidup seperti mencuci, masak dan lainya,\" ungkap Wabup saat melepas Yayan (14) saudara kembar dari Yuyun yang akan menempuh pendidikan di Pondok Pesantren milik Menteri Sosial RI di Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur di ruang Wakil Bupati Rejang Lebong, Senin (18/7) kemarin.

Oleh karena itu, Wabup berpesan kepada Yayan dan dua orang temannya yang akan menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Bahrul Madfiroh Desa Telaga Mas Kecamatan Luwak Waru Kabupaten Malang untuk tidak cengeng. Ia meminta agar ketiganya tidak pulang sebelum selesai menempuh pendidikan. \"Harus semangat, jangan menyerah dan jangan pulang sebelum berhasil,\" pesan Wabup.

Sementara kepada orang tua ketiganya, Wabup berpesan agar tidak ragu. Karena menurut Wabup saat ini banyak orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di pondok pesantren, namun anaknya yang justru tidak mau termasuk Wabup sendiri. Sedangkan apa yang dilakukan Yayan bersama kedua temannya atas permintaan mereka.

\"Bapak dan ibu sekalian sangat beruntung memiliki anak yang ingin nyantri, karena saat ini jarang anak yang mau masuk pondok pesantren,\" ungkap Wabup.

Sementara itu, ibu dari Yayan yaitu Yana mengaku sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pendidikan anaknya yang merupakan kembaran dari almarhumah Yuyun, korban pemerkosaan dan pembunuhan beberapa waktu lalu.

\"Terima kasih kepada bapak sekalian, karena dengan bapak sekalian anak saya yang biasanya main di kebun akan naik pesawat,\" ungkap Yana.

Sementara itu, Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rejang Lebong, Kandar Sukandar SSos, mengungkapkan bahwa Yayan bersama dua rekannya akan berangkat ke Kabupaten Malang pada Rabu (20/7) besok dengan menggunakan pesawat terbang. Ketiganya akan berangkat dengan diantar oleh ia sendiri dan petugas dari Sakti Peksos yang berada dibawah naungan Kementerian Sosial.

\"Nanti akan kita antar sampai di Malang, sekalgus untuk mengurus semua administrasinya,\" terang Kandar.

Untuk dua orang rekan Yayan sendiri, menurut Sukandar adalah Husna Rizkian dan Restu Waluyo. Keduanya merupakan teman sepermainan Yayan yang juga akan menempuh pendidikan di pesantren yang sama tempat Yayan akan menempuh pendidikan.

Dalam kegiatan pelepasan tersebut, Wakil Bupati Rejang Lebong sempat memimpin doa untuk kesuksesan ketiganya selama menempuh pendidikan di Kabupaten Malang. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: