Bupati Bentuk 7 Pam Swakarsa

Bupati Bentuk 7 Pam Swakarsa

 CURUP, BE - Sesuai dengan yang disampaikan Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH MSi yang akan membentuk Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pam Swakarsa) untuk mengamankan Kabupaten Rejang Lebong. Untuk tahap pertama ini, Pam Swakarsa sudah dibentuk untuk 7 kecamatan di wilayah calon Kabupaten Lembak.

Dijelaskan bupati, dalam penyerahan SK Pam Swakarsa untuk 7 kecamatan tersebut, Pam Swakarsa ini berada dibawah naungan Satpol PP Kabupaten Rejang Lebong. Namun dalam menjalankan tugasnya mereka akan berkoordinasi dengan camat, Polsek dan Koramil.

\"Petugas Pam Swakarsa ini nanti akan menjaga situasi keamanan di 7 kecamatan yang ada di wilayah Lembak,\" terang bupati di ruang rapat Bupati Rejang Lebong Selasa (21/6) kemarin.

Dalam menjalankan tugasnya, bupati meminta petugas Pam Swakarsa bisa menampilkan penampilan yang bersahaja dan harus menjadi contoh yang baik. Jangan sampai menurut bupati justru petugas Pam Swakarsa ini yang melakukan perbuatan melanggar hukum seperti menggunakan narkoba, mengkonsumsi minuman keras dan lainnya.

\"Dalam menjalankan tugasnya, saya juga meminta Pam Swakarsa tidak memandang bulu guna menciptakan keamanan di wilayah Lembak yang selama ini dikatakan tidak aman,\" tegas bupati.

Sementara itu, untuk 8 kecamatan lain yang ada diluar kawasan Lembak. Menurut bupati saat ini tengah dalam proses penyusunan. Selain itu bupati juga mengakui bahwa untuk 8 kecamatan lainnya jumlah personilnya hanya 2 orang tidak seperti dikawasan Lembak sebanyak 3 orang setiap kecamatannya. Hal tersebut dilakukan karena menurutnya di 8 kecamatan lainnya situasi keamanan sudah cukup baik.

\"Kita mendahulukan wilayah Lembak, karena kita ketahui selama ini wilayah Lembak ini dikatakan rawan, oleh karena itu kita ingin menepis pandangan orang terhadap Lembak ini,\" jelas bupati.

Sementara itu, Kapolres Rejang Lebong, AKBP Dirmanto SH SIK menyambut baik dibentuknya Pam Swakarsa ini. Karena menurut Kapolres, kehadiran petugas Pam Swakarsa ini bisa membantu menjadi keamanan dibalik kekurangan personil Polri di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Saya harap petugas Pam Swakarsa ini bisa menjadi kepanjangan tangan kmi dalam menjaga keamanan di Kabupaten Rejang Lebong,\" harap Kapolres.

Kapolres juga berharap dengan kehadiran petugas Pam Swakarsa ini bisa menghilangkan pandangan buruk masyarakat terhadap kawasan Lembak yang selama ini dinilai rawan.

Dengan terbentuknya petugas Pam Swakarsa ini, Kepala Kejaksaan Negeri Curup, Eko Hening Wardono SH menyatakan kesiapannya memberikan pelatihan kepada petugas Pam Swakarsa. Pelatihan yang bisa diberikan Kejaksaan Negeri Curup pembekalan terkait dengan bahaha penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja.

Disisi lain, Ketua DPRD Rejang Lebong, Abu Bakar SH dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada bupati yang telah membentuk petugas Pam Swakarsa. Dengan dibentuknya petugas Pam Swakarsa ini diharapkan bisa menghilangkan pandangan buruk masyarakat luas terhadap wilayah Lembak.

\"Dengan dibentuknya petugas Pam Swakarsa ini diharapkan bisa menjadikan Lembak sebagai daerah yang aman dan sejahtera,\" harap Abu.

Dalam menjalankan tugasnya, petugas Pam Swkarsa akan dibekali dengan pakaian kerja dan kendaraan dinas. Kendaraan dinas yang diberikan yaitu jenis Yamaha Vixion. Menurut bupati dengan diberikannya kendaraan tersebut diharapkan dapat mengejar pelaku kejahatan yang menggunakan kendaraan roda dua dan lainnya.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: