Kepala BPKP Kunjungan ke Bengkulu Ekspress

Kepala BPKP Kunjungan ke Bengkulu Ekspress

 BENGKULU, BE - Setelah dilantik Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti MH, Senin (13/6), Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu, Bram Brahmana Ak MAcc CA, Rabu (15/6) mengunjungi Graha Pena Bengkulu Ekspress (BE).

Kedatanganya untuk bersilaturahmi itu disambut langsung oleh General Manager (GM) Bengkulu Ekspress, Sukatno MSi; Deputi GM Suherdi Marabillie SE; GM BETV M Firdaus SP MM dan Manager Iklan BE M Hadi Nurahman.

Keakraban yang dicampur dengan obrolan ringan pagi itu, cukup menarik untuk disimak. Bram yang menggantikan Endang ini mengaku baru pertama kali bertugas di Provinsi Bengkulu.

\"Pertama kita datang ke sini (Graha Pena BE), untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri saya yang baru bertugas di Bengkulu,\" ujar Bram, membuka obrolan di Graha Pena BE, kemarin.

Bram yang sebelumnya bertugas sebagai Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara di Kantor Perwakilan BPKP Banten ini, mengaku, tugas yang baru diembannya ini merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Sehingga perlu kerjasama yang baik untuk membangun pemerintahan yang bersih di Provinsi Bengkulu.

\"Jika didukung oleh semua pihak, tentunya pelaksanaan tugas akan lebih mudah,\" ungkapnya.

Dalam kunjungannya, Kepala BPKP ini tidak datang sendiri. Ia didampingi oleh Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha BPKP, Jonson Siahaan dan Koordinator Pengawasan Instansi Vertikal BPKP, Heru Susanto SE MM.

Dalam kesempatan itu, Bram menyatakan, sangat bertekad sekali untuk mengembalikan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang hilang dari9 pemerintahan daerah (pemda) kabupaten/kota dan provinsi di Bengkulu.

Dari 11 pemda yang ada di Provinsi Bengkulu, hanya 2 kabupaten yang meraih WTP, yaitu Pemda Kabupaten Bengkulu Tengah dan Pemda Kepahiang.

\"Ini menjadi PR kita bersama dan sangat disayangkan jika opini WTP ini tidak dapat kita raih kembali,\" tegas Bram yang juga pernah bertugas sebagai Kasubid Pengawasan Fiskal di Kantor BPKP Pusat.

Upaya yang BPKP lalu sendiri bukan seperti apa yang dilaksanakan oleh BPK yaitu melakukan pemeriksaan. Namun demikian, BPKP berperan untuk memberikan edukasi, pengawasan dan pendampingan jangka panjang, dalam memperbaiki tata kelola keuangan di setiap satuan perangkat kerja daerah (SKPD) yang ada di pemda kabupaten/kota dan provinsi.

\"Kita akan lebih memberikan pendampingan dalam tata cara pengelolahan pemerintahan yang baik dan benar,\" ujarnya.

Menurutnya, selama ini banyak terjadi pemerintahan kesulitan dalam melakukan pengelolahan keuangan. Untuk itu pendampingan jangka panjang harus dilakukan, demi mewujudkan tenaga terampil dan bijak dalam mengelola keuangan.

\"Jika kita yang melakukan perbaikan, tentunya kita melakukannya. Sedangkan pelaksananya (pejabat), tidak mengerti dan ujung-ujungnya kita yang akan melakukannya lagi. Nah pola ini yang harus diubah dengan meberikan edukasi dan pendampingan,\" urai Bram.

Sebagai kenang-kenangan, GM Bengkulu Ekspress Sukatno MSi memberikan cendera mata kepada Kepala BPKP Provinsi Bengkulu ini. \"Kami sangat berterimakasi telah dikunjungi. Kedepan, silaturahmi ini dapat terus berkelanjutan,\" ujar Sukatno.(151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: