Ini Nama-Nama Kosmetik Berbahaya Yang Disita BPOM Bengkulu

Ini Nama-Nama Kosmetik Berbahaya Yang Disita BPOM Bengkulu

 \"RIO-KA BENGKULU, BE - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Bengkulu dikejutkan dengan penemuan vitamin C Collagen yang dijual bebas di masyarakat.

Produk kosmetik berbahan kimia itu disita bersama 86 item kosmetik bahan berbahaya tanpa izin edar lainnya.

Kepala BPOM Bengkulu, Arnold Sianipar mengatakan, penemuan Vitamin C Collagen merupakan kali pertama di Bengkulu.

Bahan kimia itu berfungsi untuk menjadikan kulit tampak cerah, bersinar dan untuk mengencangkan kulit.

Ditemukannya bahan kosmetik berbahaya yang di produksi PT Rodo itu merupakan hasil pengawasan BPOM bekerjasama dengan Polda Bengkulu dan Polres Bengkulu, Polres Rejang Lebong dan Polres Kepahiang. Barang itu ditemukan di sejumlah distribustor dan online shop.

\"Ada 4 kotak vitamin C, setiap kotak berisi 10 ampoule berisi 5 ml cairan dijual seharga Rp 35 ribu,\" kata Arnold.

Ia menjelaskan, produk berbentuk cairan itu digunakan dengan cara disuntik ke dalam kulit yang harus menggunakan tenaga ahli. Jika tanpa tenaga ahli, maka bisa berakibat kecacatan.

Tidak hanya itu, BPOM juga berhasil menyita kosmetik lainya seperti temulawak cream, HN Paket NYX Lipstik Whitening Serum Gold, Collagen plus Vitamin E Day dan Night, Citra Day end Night Cream dan banyak lagi.

Rinciannya, 23 produk disita di Kota Begjkulu, 19 produk di Kepahiang dan 44 produk di Rejang Lebong.

\"Jika dinominalkan, produk yang disita ini mencapai Rp 70 juta dan temuan itu sudah diproses pada ranah hukum,\" bebernya. Kian maraknya penjualan kosmetik berbahan kimia dan tanpa izin edar itu, BPOM bersama dinas terkait terus melakukan pengawasan rutin. Pemantauan tidak lepas dari sarana distribusi obat-obatan, jamu dan kosmetik. Selain itu, Arnold juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli kosmetik, baik di toko maupun secara online.

\"Konsumen diminta selektif dan menjadi konsumen pintar. Untuk membedakan barang itu aman bisa melakukan pengecekan produk melalui www.pom.go.id, sehingga apa yang kita gunakan benar-benar aman,\" tukasnya. (247)   Berikut Kosmetik Berbahan Kimia dan Tanpa Izin Edar 1. Qweena Tas Pink 2. HN Paket Plastik 3. Naturgo 4. Temu Lawak Cream 5. Sabun HN 6. Toner HN 7. DHA Paket 8. White Magic Paket 9. a-DHA paket 10. Melibahenling 11. Golden Underrarm Days 12. BSH Body Slim Herbal 13. Vit. Kolagen 14. Eye liner natural Brown 15. Mac Mascara 16. Vampire Body Serum 17. NAKED 5 Urbandery 18. Macha & Milk Hand Wax 19. Acaiberry 20. ABC Acaibery 21. Kokoruyu Super summer Cake 22. Bello Perfetto Face Mask 23. HN kotak 24. Walet Super gold 25. Gluta Panacea Body Lotion 26. Samyun Wan 27. Widia Temu Lawah Shop 28. Lipgloss 3D Tint 29. Mahkota Indah Night Lotion 30. Masker Hello Kitty 31. Masker Hello Kitty 32. a-DHA Soap kecil 33. Kapsul Jamu Pelangsing 34. Paket JRG 35. Big Bust Dr Susan 36 Original DR Biru 37. DR Super Whitenin Pink 38. Citra Day & Night Cream 39. Arzoo Henne 40. Chandni Cone Henna Paste

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: