HATI-HATI, PNS Ketegori Ini Dipensiunkan Dini

HATI-HATI, PNS Ketegori Ini Dipensiunkan Dini

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Ini peringatan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Indonesia. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tengah melakukan evaluasi dan audit kinerja persiapan rasionalisasi PNS tahun 2017. Menpan RB Yuddy Chrisnandi mengatakan, Pemerintah sudah menetapkan standar evaluasi nasional untuk menilai kinerja dari seluruh PNS yang bekerja di Pemerintahan.

Setidaknya ada 4 kategori PNS yang akan dihasilkan dari standar evaluasi nasional yang ditetapkan. Pertama kategori pegawai pemerintah yang produktif dan kompeten, pegawai ini sangat diperlukan dan akan dipertahankan. Kategori kedua, produktif tapi tidak kompeten, dapat dipertimbangkan. Ketiga PNS tidak produktif tapi kompeten, dapat dipertimbangkan. Kategori keempat PNS tidak kompeten dan tidak produktif.

\"PNS dengan kategori keempat tersebut akan jadi sasaran rasionalisasi pertama. Dia tidak produktif dia tidak kompeten. Misalnya tidak pernah hadir dan tidak pernah melaksanakan tugas,\" terang Yuddy, saat kunjungan ke Bengkulu, Kamis (21/04/2016).

Namun, para PNS tidak perlu takut. Sebab, dalam melaksanakan kebijakan tersebut, pemerintah tidak akan semena - mena, namun dilakukan dengan seadil adilnya.

Berdasarkan kajian dari Kementerian PAN-RB sekitar 1 juta PNS se Indonesia akan dipensiunkan dini. Saat ini jumlah PNS sekitar 4.5 juta orang, sedangkan jumlah ideal menurut Kementerian PAN-RB sekitar 3.5 juta orang atau 1,5 persen dari total penduduk.

Lanjut,  Yuddy, program rasionalisasi pegawai sebenarnya juga sudah diterapkan di beberapa negara maju lainnya.

\"Di China itu 52 persen pegawai pemerintahnya dikurangi dalam waktu 10 tahun,\" katanya. (Dil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: