Kuota Pupuk Rejang Lebong Dikurangi

Kuota Pupuk Rejang Lebong Dikurangi

 CURUP, BE - Kuota pupuk subsidi jenis urea yang diterima Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2016 ini, mengalami pengurangan dibandingkan dengan tahun 2015 lalu. Pada tahun 2016 ini kuota pupuk subsidi untuk Rejang Lebong sebanyak 1.533 ton sedangkan pada tahun 2015 sebanyak 1.934 ton.

Menurut Direktur CV Maju Jaya Abadi sebagai Distributor pupuk subsidi di Rejang Lebong, Ujang Syarifudin, pengurangan kuota ini karena adanya pengurangan kuota untuk Provinsi Bengkulu dari pemerintah pusat. Kuota yang diterima Provinsi Bengkulu pada tahun 2015 lalu sebanyak 22 ribu ton turun menjadi 16 ribu ton pada tahun 2016 ini.

\"Penurunan kuota pupuk subsidi ini diterima seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Bengkulu ini, karena kuota dari pemerintah pusat saja sudah mengalami pengurangan,\" ungkap Ujang.

Selain itu, menurut ujang pengurangan kuota pupuk subdisi untuk Kabupaten Rejang Lebong juga dipengaruhi oleh penyerapan yang dilakukan pada tahun 2015 lalu. Dimana penyerapan dari kuota sebanyak 1.934 ton hanya terealisasi sebanyak 1.374 ton atau tidak mencapai 100 persen.

Penyaluran terbanyak di Kecamatan Selupu Rejang sebanyak 283 ton dan terkecil di Kecamatan Kota Padang hanya sebanyak 40 ton. Dengan melihat realisasi tersebut, menurut Ujang, maka tidak ada alasan Rejang Lebong kekurangan pupuk, karena dari kuota yang ada saja tidak terserap 100 persen.

\"Mereka yang mengeluhkan kelangkaan pupuk ini adalah petani yang tidak memiliki kelompok tani, sehingga tidak mendapat pupuk subsidi, karena dalam penyalurannya pupuk subsidi ini dilakukan melalui kelompok tani,\" jelas Ujang.

Oleh karena itu, Ujang berharap bagi para petani yang belum tergabung dalam kelompok tani untuk segera bergabung atau membentuk kelompok tani. Karena menurut Ujang, bukan hanya pupuk subsidi saja yang disalurkan melalui kelompok tani namun bantuan lainnya dari pemerintah harus melalui kelompok tani.

Sementara itu, untuk harga eceran tertinggi (HET) pupuk bersubsidi jenis urea sebesar Rp 90 ribu untuk satu karung ukuran 50 Kg. Sedangkan bila tidak subsidi harga pupuk urea di Rejang Lebong bisa mencapai Rp 5 ribu per Kg, selain itu ukuran yang dijual diluar harga subsidi yaitu karung ukuran 25 Kg. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: