Terserang Penyakit Misterius

Terserang Penyakit Misterius

\"padi

ARGA MAKMUR, BE - Sekitar 110 hektar sawah di Desa Gunung Agung, Kecamatan Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara (BU) terancam gagal panen tahun ini lantaran terserang penyakit yang tidak diketahui namannya. Penyakit tersebut menyerang batang dan daun padi berumur 45 hari. Akibatnya daun padi mengering, bahkan batang padi juga patah akibat penyakit tersebut.

\"Kami tidak tahu jenis dan nama penyakit yang menyerang batang padi itu apa. Kejadian seperti ini baru pertama kali terjadi,\" jelas Ketua Kelompok tani Harapan Makmur, Johan Efendi.

Sawah yang digarap kelompok tani Harapan Makmur sekitar 22 hektar, sekitar 4 hektar sudah terserang penyakit tersebut. Johan dan petani lain mengaku sudah melakukan penyemprotan dengan pestisida, namun belum menunjukkan hasil.

\"Padi milik kelompok tani disini biasanya terserang hama wereng, bisa dikendalikan dengan pestisida. Namun kali ini sudah disemprot pestisida sejak pertama tanam belum menunjukan hasil,\" imbuh Johan.

Lanjut Johan, jika nanti padi sudah mulai mengeluarkan bulir diyakini tidak maksimal pertumbuhan, begitu juga isi dari bulir padi. Sejauh PPL sudah mendatangi persawahan tersebut dan meneliti penyakit menyerang padi. PPL juga belum mengetahui jenis penyakit tersebut.

Mereka hanya menyarankan menyemprot dengan pestisida secara bertahap. Yang dikhawatirkan petani setempat, penyakit tersebut bisa menyebar ke semua lahan persawahan. Sementara masa panen 3 bulan lagi, mereka takut tidak memetik hasil akibat penyakit tersebut.

\"Saya dan petani lain takut penyakit ini semakin luas menyerang petak sawah lain. Semoga setelah ini ada perhatian dari pemerintah mencari jalan keluar permasalahan ini,\" demikian Johan.(167)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: