Pulau Enggano Diusulkan Masuk Pulau Terpadu

Pulau Enggano Diusulkan Masuk Pulau Terpadu

 BENGKULU, BE - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu untuk membangun Pulau Enggano. Bahkan KKP RI meminta Pemprov Bengkulu untuk mengusulkan Pulau Enggono itu masuk ke dalam daftar pulau terpadu yang ada di Indonesia.

Ditjen Pengelolaan Ruang Laut KKP RI, Ir Agus Dermawan MSi mengatakan, ketika pulau terluar Indonesia seperti Pulau Enggano masuk ke dalam daftar pulau terpadu, maka pemerintah pusat siap mengalokasikan anggaran untuk membangunnya.

\"Anggaran untuk membangun pulau terpadu itu mencapai Rp 100 miliar. Untuk itu, kita minta Pemprov Bengkulu dapat mengusulkan Pulau Enggano masuk menjadi pulau terpadu,\" terang Agus, dalam seminar nasional kemaritiman di aula Hotel Rafflesia Bengkulu, Selasa (12/4).

Menurutnya, Pulau Enggano juga memiliki banyak potensi yang mampu untuk dikembangkan. \"Kita baru memasukan 20 pulau terluar Indonesia menjadi pulau terpadu. Tapi dari sekian banyak pulau tersebut, Pulau Enggano tidak pernah masuk,\" terangnya.

Bila Pulau Enggano masuk menjadi pulau terpadu, maka KKP akan siap untuk menggelontorkan anggaran Rp 100 miliar untuk pembangunannya. Anggaran tersebut dialokasikan untuk pembangunan akses transportasi, pos jaga, listrik, air minum destilasi, budidaya ikan serta pelengkapan infrastruktur lainnya.

\"Kita harapkan tahun 2017 nanti pulau terluar Indonesia yang berada di Provinsi Bengkulu sudah masuk menjadi pulau binaan KKP RI,\" harapnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti HM menegaku akan segera mengusulkan Pulau Enggano tersebut menjadi pulau terpadu.

\"Saya sudah memerintahkan kepala dinas yang bersangkutan untuk mengkonsepnya. Mudah-mudahan malam ini (kemarin,red) akan saya tanda tangani dan akan langsung kita sampaikan ke Menko dan KKP agar Pulau Enggano masuk ke dalam matrik pulau terpadu,\" terang Gubernur.

Jika tidak masuk tahun ini, lanjutnya, pemprov akan terus menggiring sehingga Pulau Enggano masuk dalam pulau terintegrasi dapat diperhatikan. \"Kita akan giring, paling lambat awal 2017 sudah disetujui,\" ucapnya.

Ketika Pulau Enggano sudah masuk menjadi pulau binaan KKP RI, maka Pemprov akan menjalankan program prioritas yang telah ditetapkan oleh KKP sendiri.

Ketika hal tersebut terlaksana, maka Pulau Enggano akan dapat lebih maju baik dalam sektor kelautan, pertanian dan sektor infrastrukturnya sendiri.

\"Ini sayang kalau tidak dilakukan. Masa pulau lain di luar Bengkulu saja yang dapat, sedangkan pulau yang sangat membutuhkan bantuan tidak dapat,\" ujar RM.

Untuk itu, ia meminta kepada semua pihak untuk saling membantu dan memperjuangkan hal tersebut. Ketika mendapatkan persetujuan, maka tidak perlu lagi pemprov maupun pemkab mengeluarkan biaya yang besar dalam melakukan pembangunan.

\"Mari kita sama-sama berjuang, bagaimana Pulau Enggano masuk dalam rangkaian pulau kecil terluar yang menjadi prioritas pemerintah pusat dalam rangka pengembangannya kedepan,\" pungkas RM. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: