Peternak Diminta Pro Aktif

Peternak Diminta Pro Aktif

\"Ary,

CURUP, BE - Untuk menunjang populasi ternak khususnya sapi di Kabupaten Rejang Lebong, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Rejang Lebong, Ir Amrul Eby MM, meminta peternak untuk pro aktif melakukan pemeriksaan sapi betina yang mereka miliki.

\"Kita harapkan para peternak yang ada di Rejang Lebong ini, untuk aktif melakukan pemeriksaan reproduksi untuk sapi betina yang mereka miliki,\" harap Eby.

Karena menurut Eby, bila tidak dilakukan pemeriksaan secara rutin, maka dikhawatirkan akan mengganggu reproduksi sapi itu sendiri. Karena menurut Eby, bila reproduksi sapi yang dimiliki peternak terganggu maka yang rugi adalah peternak itu sendiri.

Lebih lanjut Eby menjelaskan, adanya gangguan reproduksi ini dikarenakan beberapa faktor, mulai dari keseburan ternak itu sendiri, bisa juga disebabkan oleh faktor pakan yang digunakan hingga kemampuan peternak sendiri yang masih minim. \"Pemeriksaan rutin ini terutama bagi para peternak baru yang pengetahuannya masih kurang,\" tambah Eby.

Dijelaskan Eby, karena kurangnya pengetahuan peternak bisa menyebabkan ternak sapi yang mereka miliki bisa gagal produksi. Ia mencontohkan karena kurangnya pengetahuan peternak akan waktu birahi sapi, maka masa perkembangbiakannya akan terlewatkan.

Lebih lanjut Eby menjelaskan, dimintanya peternak untuk pro aktif, karena keterbatasan personil dokter hewan yang dimiliki. Dimana menurut Eby, dengan hanya ada dua dokter hewan di Kabupaten Rejang Lebong, maka bisa saja mereka terlewat melakukan pemeriksaan kepada sapi milik sejumlah peternak yang ada di Rejang Lebong.

\"Dengan peternak mengingatkan petugas kita, maka pemeriksaan kesehatan maupun reproduksi ternak akan lebih maksimal lagi,\" papar Eby.

Untuk populasi sapi di Rejang Lebong sendiri, menurut Eby, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan Dinas Peternakan dan Perikanan Rejang Lebong jumlah populasinya sekitar 5.200 ekor. Jumlah tersebut tentunya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sapi di Rejang Lebong, karena setiap harinya kebutuhan sapi di Rejang Lebong berkisar antara 3 sampai 5 ekor. Oleh karena itu kesehatan reproduksi sapi di Rejang Lebong perlu dijaga untuk mendongkrak populasi sapi yang ada di Rejang Lebong. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: