Rumpon Terbesar Versi MURI Dilepas di Laut Bengkulu

Rumpon Terbesar Versi MURI Dilepas di Laut Bengkulu

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Rumpon terbesar versi Museum Rekor Indonesia (MURI) dilepas secara resmi oleh Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti di laut Bengkulu tepatnya di Pantai Panjang Kota Bengkulu, Sabtu (09/04/2016). Rumpon raksasa yang merupakan alat untuk mengundang ikan tersebut dibuat oleh nelayan Bengkulu dalam waktu 3 hari.

Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta Susilo mengatakan, rumpon sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun lau yang dibuat oleh nelayan - nelayan tradisonal Indonesia. Namun belum ada yang tercatat di MURI.

\"Yang terbesar dan tercatat oleh MURI baru ada di Bengkulu,\" ujarnya.

Rumpon raksasa tersebut memiliki tinggi 25 meter 12,5 meter, terbuat dari bambu yang ditutupi dengan daun pinang.

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti mengatakan rumpon raksasa ini  dapat membantu para nelayan untuk mengetahui dimana tempat berkumpulnuya ikan. Rumpon akan diletakkan di lautan dengan titik koordinat tertentu, dan diketahui oleh nelayan.

\"Jadi nanti nelayan tahu dimana tempat - tempat ikan itu berada,\" ujar Ridwan.

Rumpon raksasa, lanjut Gubernur, akan memotivasi nelayan kabupaten - kabupaten di Provinsi Bengkulu untuk mengikutinya. Diharapkannya menangkap ikan dengan menggunakan rumpon menjadi sebuah kultur.

\"Rumpon hari ini sebagai percontohan. Saya harap kabupaten -kabupaten dapat mengalahkan rekor muri yang kita buat sekarang, dibuat lebih tinggi dan lebih besar lagi,\" ujarnya.

Pelepasan rumpon raksasa tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara pekan nelayan dan kemaritiman di Kota Bengkulu dalam rangka hari nelayan nasional. (Dil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: