Ini Calon Dirut dan Komisaris Bank Bengkulu

Ini Calon Dirut dan Komisaris Bank Bengkulu

 \"bank BENGKULU, BE - Proses tahapan seleksi calon Direktur Utama (Dirut) dan Komisaris Bank Bengkulu mulai dilakukan, kemarin (7/4).

Ada 5 orang calon Dirut dan 7 orang calon Komisaris Bank Bengkulu dilakukan uji kemampuan dan pemahaman untuk membesarkan Bank Bengkulu (Lihat grafik).

Para calon tersebut mengikuti proses wawancara yang dilakukan secara tetutup oleh semua kepala daerah kabupaten/kota sebagai pemegang saham Bank Bengkulu. Komisaris Bank Bengkulu, Muhammad Nasyah mengatakan, proses wawancara yang dilakukan semua kepala daerah tersebut berkenaan tentang strategsi untuk membuat bank daerah menjadi unggul dan bisa berkompetisi dengan bank-bank lain yang ada di Bengkulu maupun di luar Bengkulu sekalipun.

\"Jadi yang ditanya berkaitan tentang perbankan, kemudian perbankan berbasis IT dan langkah-langkah lain untuk membuat Bank Bengkulu menjadi unggul,\" terang M Nasyah kepada BE, di Hotel Horizon, Kamis (7/4).

Proses seleksi yang melibatkan semua kepala daerah tersebut juga bertujuan untuk membuat kepala derah sebagai pemilik saham lebih dapat meningkatkan rasa memiliki saham secara bersama.

Selain itu, kepala daerah juga dapat mengerti dan mengetahui, langkah apa saja yang akan dilakukan calon tersebut untuk membesarkan Bank Bengkulu dalam 4 tahun kedepan masa jabatannya.

\"Jadi Gubernur meminta untuk semua kepala daerah ikut menyeleksi. Sehingga dapat lebih menumbuhkan rasa memiliki terhadap saham,\" bebernya.

M Nasyah menjelaskan, setelah semua nama-nama tersebut telah selesai dilakukan seleksi, maka 5 calon direktur akan diambil dua nama pada penilaian tertinggi dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

Begitu juga dengan 7 calon nama komisaris tersebut juga akan diambil dua nama penilaian tertinggi. Setelah itu, nama tersebut akan langsung diserahkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu untuk dilakukan tes kembali.

\"Setelah selesai penilaian OJK, maka akan keluar satu nama. Kemudian nama itu diserahkan ke RUPS, untuk penentuan 1 Dirut dan 1 Komisaris Bank Bengkulu tersebut,\" ungkap M Nasyah.

M Nasyah menambahkan, keputusan RUPS itu diharapkan secepatnya, sehingga nama yang terpilih bisa langsung dilakukan pelantikan untuk kemudian bisa menjalankan aman memimpin Bank Bengkulu.

\"Mudah-mudahan tidak sampai satu minggu. Karena kita berharap, lebih cepat juga akan lebih baik,\" ucapnya. Sementara itu, Bupati Kabupaten Kaur, Dr Ir Hermen Malik MSc menjelaskan, setidaknya ada 6 poin pertanyaan yang diberikan kepada calon-calon tersebut.

Diantaranya bisa menjawab permasalahan internal yang dihadapi Bank Bengkulu, kemudian tentang bagimana mengatasi problem masyarakat kecil yang sulit mendapatkan akses di Bank Bengkulu.

\"Ya dari situ, para calon ini bisa tidak menjabat tantangan yang akan dihadapi kedepan,\" tegas Bupati.

Dari jawaban yang diberikan para calon tersebut, akan bisa diukur sebatas mana kemampuan para calon dalam menyelesaikan permasalan-permasalahan tersebut.

Belum lagi ditambah dengan tantangan permasalahan secara nasional. Karena, Bank Bengkulu sendiri memiliki akses hingga ke nasional. \"Tolak ukur ini yang akan dinilai,\" terangnya.

Hal sama senada yang disampaikan oleh Bupati Bengkulu Tengah, H Ferry Ramli SH MH, bahwa calon yang akan terpilih nantinya, harus orang yang profesional. Sehingga bisa membuat bank daerah ini bisa maju dan mampu bersaing dengan bank-bank lainnya.

\"Kita berharap bank daerah ini tidah hanya mengandalkan uang daerah saja. Silakan gunakan langkah untuk menggait swasta untuk berinvestasi di Bank Bengkulu. Sehingga Bank Bengkulu akan dapat lebih besar dari bank lainnya,\" tutup Bupati.(151) Calon Direktur Utama Bank Bengkulu H Rendra SE Mantan Direktur Bank Sumsel Alfian SE Plt Direktur Bank Bengkulu H Yudi Sungkono MH Bank Bengkulu H Mulyadi Ismail SE MSi Mantan Direksi Bank Bengkulu Agusalim SE ME Bank Mandiri Calon Komisaris Independen Bank Bengkulu Ir H Fauzan Rahim Drs H Muhalidin H A Mukti Husni Drs H Asnawi A Lamat MSi Drs Surahwandi Kawil SH MH Drs Asmai Ishak M Bus PhD Drs Zulian Yamit MSi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: