Desa Air Lelangi Bangun Balai Desa

Desa Air Lelangi Bangun Balai Desa

KETIADAAN balai desa sebagai tempat menjalankan roda pemerintahan desa, Pemerintahan Desa Air Lelangi mewujudkan pembangunan sarana tersebut secara swadaya. Bangunan itu direncanakan menelan anggaran senilai Rp 300 juta tersebut diperkirakan selesai sebelum akhir tahun ini. \"Sarana tersebut belum ada, maka melalui APBDES kita anggarkan untuk pembangunan balai desa,\" ungkap Kades Air Lelangi, Marno.

Keberadaan balai desa dari pemerintah saat ini kondisinya sudah tidak bisa dipergunakan karena kondisinya rusak parah.Untuk menampung warga di saat kegiatan memerlukan sarana balai pertemuan, menggunakan balai desa lama dengan kondisi seadanya. Atap bangunan lama sudah pada bocor, dan dinding papan sudah tidak ada. \"Selama ini jika pertemuan hanya menggunakan ruang seadanya. Berangkat dari kondisi tersebut secara bulat diputuskan untuk membangun balai desa permanen,\" lanjut kades.

Melalui keputusan musyawarah yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) maka direncanakan pembangunan balai desa permanen. Anggaran bersumber dari PADes dari sumbangan pihak ke III. \"Memang anggaran tersebut tidak mungkin menggunakan PADes murni dari warga, maka dengan segala upaya kita carikan alternatif dari sumbangan pihak ke III, dalam hal ini dari kompensasi batu bara dari tonase batu bara atas kemitraan dengan pihak perusahaan,\" tukas Kades.(919)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: