Longsor di Kaur, Lalin Lumpuh

Longsor di Kaur, Lalin Lumpuh

 \"LONGSOR KINAL, BE - Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Kaur kemarin (13/3) malam, menyebabkan bencana tanah longsor melumpuhkan jalan lintas Desa Bunga Melur menuju desa Karang Dapo Kecamatan Kinal Kabupaten Kaur, Minggu (14/3).

Jalan utama kecamatan tersebut ditutupi lumpur dan material tanah longsor setinggi dua meter dengan panjang 15 meter.

Akibatnya, badan jalan Kabupaten itu tidak bisa dilintasi para pengendara roda empat dan mobil pribadi serta truk untuk menuju beberapa desa di kecamatan itu, karena lumpuh total.

“Longsor jalan ini karena hujan deras tadi malam (kemarin), dan sekarang ini jalan tidak bisa dilalui mobil karena tertimpun longsor,” ujar Aprizal Kepala Desa (Kades) Bunga Melur kepada BE kemarin.

Data terhimpun BE, longsor itu terjadi sekitar pukul 20.30 WIB tepatnya saat hujan deras menguyur wilayahKabupaten Kaur. Akibat hujan deras tersebut ada beberapa titik tanah longsor yang menutupi jalan lintas Kabupaten Kaur, yakni di desa Seranjangan dan Desa Suka Merindu Kecamatan Semidang Gumay empat titik longsor. Namun satu titik yang terparah, yaitu di desa Bunga Melur.

“Jalan desa kami ini memang sudah menjadi langganan longsor, apalagi kalau hujan deras pasti ada tanah yang longsor. Jalan longsor ini kami belum bisa bersihkan karena nunggu alat berat,” ujarnya.

Salah satu pengendara Aprin (37) mengakui, arus kendaraan terganggu akibat longsor yang menutupi jalan tersebut dan menyebabkan terhambat perjalanannya beberapa jam akibat longsor tersebut. Juga beberapa titik jalan longsor di Kecamatan itu belum ada tindak lanjut dari dinas terkait. Hanya saja sejumlah warga berinisiatif bergotong royong membersihkan tumpukan longsor yang berada dibadan jalan.

“Saya harus menunggu berjam-jam. Dari jam enam pagi tadi di sini dan baru bisa melintas sekitar pukul 14.00 WIB,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur Dihan Bastari MTPd mengaku, pihaknya telah mendapat loporan titik longsor wilayah Kuar itu. Juga Saat ini, lanjut Dihan, material tanah longsor yang menutupi badan jalan sudah dibersihkan warga setempat dibantu aparat kepolisian, koramil berupaya membersihkan meterial longsor dengan menggunakan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kaur.

“Jalan Desa menuju desa Bunga Melur sempat lumpuh total. Tapi, sekarang sudah normal kembali dan sudah bisa dilalui kendaraan,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi longsor susulan di wilayah tersebut, BPBD telah menyiagakan satu unit alat berat di lokasi tersebut. Juga bagi pengguna jalan yang melintas di wilayah tersebut untuk berhati-hati dan waspada terhadap kemukinan bencana longsor susulan.

“Alat berat tetap kita siagakan di lokasi longsor, dan juga kita minta kepada pengendara lebih waspada terutama saat melintasi jalan yang rawan longsor,” himbaunya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: