Jangan Hanya Andalkan APBD

Jangan Hanya Andalkan APBD

\"APBD\"

TUBEI,BE - Anggota DPRD Kabupaten Lebong Muslim SPd menjelaskan, kemajuan pembangunan sebuah daerah tidak akan cukup jika dibiayai hanya dengan mengandalkan dana dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) saja. Diperlukan pula suntikan dana dari APBD Provinsi maupun dari dana APBN Pemerintah RI. Untuk mendapatkan hal tersebut, pemerintah daerah melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus memanfaatkan setiap program kegiatan yang ada di anggaran pemprov maupun Pemerintah RI.

\"Kalau hanya mengandalkan APBD murni setiap tahunnya, jelas susah untuk membuat peningkatan pembangunan secara cepat. Makanya, SKPD terutama kepala dinas dan kepala bidangnya harus kreatif dan memiliki inisiatif, harus banyak-banyak cari dana ke provinsi maupun ke pusat,\" kata Buyung sapaan Muslim.

Apalagi, lanjutnya, untuk berbagai kegiatan yang nilainya besar atau mencapai milyaran, misalnya, jalan, gedung, irigasi maupun pengadaan barang dan jasa dalam jumlah besar. Untuk itu, eksekutif tentunya diharapkan dapat berkreatifitas sehingga dapat membawa dana pusat untuk pembangunan Kabupaten Lebong.

\"Mereka yang duduk sebagai kepala SKPD jangan hanya bersantai-santai, harus kreatif dan inovatif. Lebong membutuhkan pejabat yang memiliki niat dan komitmen untuk membangun, bukan hanya melamun,\" tukasnya. (777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: